Pengertian Kepribadian Menurut Ahli

Pengertian Kepribadian 
Kepribadian seseorang tidak sama dengan kepribadian orang lain. Kepribadian ini adalah sangat unik, demikian dinyatakan oleh para ahli. Dengan kepribadian yang dimiliki oleh seseorang dia dapat memikat orang lain, orang menjadi simpati padanya, orang tertarik dengan pembicaraannya, oleh karena terkesima olehnya. Wirausahawan yang memiliki kepribadian seperti ini sering sekali berhasil dalam menjalankan usahanya.

Adapun wirausahawan yang secara fisik tidak meyakinkan, tidak menarik, tetapi setelah mengobrol (lobby) rasanya tersimpan suatu daya tarik, sehingga calon relasi tadi makin tertarik, akhirnya menjurus kearah hubungan lebih dekat dan saling memberi harapan.

Kepribadian semacam inilah yang perlu dikembangkan oleh wirausaha. Sekarang timbul pertanyaan, apakah kepribadian itu? Dapatkah kepribadian itu diperbaiki? Bagian-bagian manakah dari unsur kepribadian yang dapat diperbaiki dan manakah yang sudah pembawaan sejak lahir.

Uraian ini kami kemukakan dengan menampilkan sebuah definisi kepribadian dalam bahasa Inggris disebut personality dikemukakan oleh Erich Fromm (1975): By personality i understand the totality of inherited acquired psychic qualities which are characteristic of one individual and which make the individual unique.

Bila diartikan secara bebas rumusan di atas berbunyi: kepribadian adalah merupakan keseluruhan kualitas psikis yang di warisi atau diperoleh yang khas pada seseorang yang membuatnya unik.

Mengenai bagian mana dari kepribadian yang di warisi dan bagian mana yang diperoleh akan dibahas di bagian selanjutnya.

Sultan Takdir Alisyahbana mencoba membedakan pengertian personality dengan pengertian individu dan person.

Perkataan individu berasal dari individu (Latin) =Atomon yang diartikan sebagai indivisible entity, the living organism neutrally as a unit. Jadi individu ini merupakan hal yang hidup suatu organisme yang bulat dan utuh sebagai suatu kesatuan.

Person berasal dari kata persona yaitu a theatrical mask, atau merupakan topeng seperti orang main di panggung. Jadi person ialah person behind the mask = orang yang di belakang topeng.

Sebagai kesimpulan tentang rumusan personality ini: personality is the total of human mind.

Mind disini diartikan sebagai keseluruhan karakteristik dari diri seseorang, bisa berbentuk pikiran, perasaan, kata hati, berupa temperamen, watak (karakter).
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson