Pengertian Buah

Pengertian Buah 
Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.

Pengertian buah dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan adalah lebih luas daripada pengertian buah di atas dan biasanya disebut sebagai buah-buahan. Buah dalam pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian botani biasa disebut buah sejati.

Buah seringkali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid. Ilmu yang mempelajari segala hal tentang buah dinamakan pomologi.

Macam Buah - Buahannya
1. Alpukat
Buah alpukat sering disalahartikan sebagai penyebab kegemukan karena buah alpukat kaya lemak. Padahal sebenarnya buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berguna bagi kesehatan. Sebab dari daging buah dan daun dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. 


Khasiat dan manfaat mengobati sariawan, melembabkan kulit kering, kencing batu, sakit kepala, darah tinggi, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran nafas membengkak, sakit gigi, kencing manis, menstruasi tidak teratur, menstabilkan lemak darah, menurunkan resiko jantung koroner, menurunkan tekanan darah, mencegah cacar air.

2. Apel
Apel berasal dari Asia dan Eropa timur. Ada lebih dari 7.000 varietas apel yang berasal dari pengembangan dan persilangan apel yang ada di pasaran yang bervariasi

dalam warna, tampilan, rasa, dan aroma. Apel merupakan sumber vitamin C, kalium (potasium), serat larut (pektin), dan serat tidak larut. Konsumsi buah apel setiap hari dipercaya membuat awet muda dan sehat. Sehingga buah apel dikategorikan sebagai buah subtropis yang sangat lezat rasanya. Buahnya berbentuk bulat dengan sedikit lekukan di bagian atas dan bawah. Rasanya manis segar dengan sedikit asam. Apel memiliki banyak varian dengan warna dan besar berbeda - beda. Namun umumnya berupa bentuknya, berupa bulatan yang sedikit kecil di bagian bawah dan adanya lekukan pada bagian atas maupun bawah. 

Khasiat dan manfaat mengobati kencing manis, diare, menurunkan kolesterol, menurunkan resiko penyakit jantung koroner (PJK), stroke, menstabilkan gula darah, membunuh virus infeksi, mengurangi nafsu makan, agen anti kanker, dan mengatasi batu empedu.

3. Jeruk
Jeruk merupakan buah yang paling populer dan banyak diminati. Jeruk mempunyai rasa khas kombinasi manis dan masam yang disukai oleh semua bangsa dan tingkatan umur. Jeruk juga merupakan salah satu sumber utama vitamin C. Hampir di segala musim kita bisa menikmati buah ini. Buah jeruk ini terbilang istimewa karena bisa ikut memelihara kesehatan dan keremajaan kulit. Jeruk memiliki varian namun pada dasarnya jeruk mempunyai khasiat yang hampir sama.


Khasiat dan manfaat mengobati berbagai penyakit selama pemulihan, kekurangan vitamin C (scurvy), radang tenggorokan akut, batuk membandel, parau, kehilangan suara, bronkitis kronis atau akut, masalah ASI, payudara merah dan bengkak, demam disertai alergi udara dingin, jerawat, meluruhkan kencing (diuretik), meningkatkan sirkulasi pembuluh darah tepi (tungkai), antioksidan dan antikanker, wasir (hemoroid), varises (varicose vein), batu empedu dan batu ginjal.

4. Kiwi
Kiwi berasal dari Cina, dikenal dengan nama Yang Tao dan sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu. Pada permulaan abad ke-20, tanaman ini dibawa oleh para misionaris ke Selandia Baru dan di kembangkan disana. Sebelum tahun 1961, di Amerika buah ini dikenal dengan nama Chinese gooseberry, sampai akhirnya diberi nama baru “Kiwi”. Buah kiwi sekarang sudah mendunia, dihasilkan oleh beberapa negara seperti Selandia Baru, Amerika, Itali, Jepang, Perancis, Australia, dan Chile. Tanaman ini mempunyai bunga jantan dan betina yang berbeda pohon. Pohon kiwi jantan tidak menghasilkan buah, tapi digunakan sebagai dekorasi lansekap karena bunganya menarik. Warna kulit buah kiwi bervariasi; coklat, atau kuning tergantung varietas dan dilapisi rambut halus. Buah kiwi berukuran sebesar telur ayam, bagian dalam berdaging tebal berwarna hijau mengelilingi biji - biji kecil berwarna hitam yang dapat dimakan, rasanya manis dengan citarasa dengan stroberi dan pisang. Kiwi merupakan sumber serat dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk.

Khasiat dan manfaat nutrisinya untuk mempersiapkan kehamilan, mencegah penyakit jantung dan hipertensi, mengobati gejala impotensi, mempertahankan stamina tubuh, menjaga kesehatan mata, menjaga kecantikan kulit karena mengandung vitamin E, efektif untuk program diet, meningkatkan kemampuan otak, mencegah penyakit Alzheimer, mengatasi sembelit, dapat menghindarkan kita dari serangan asma, sesak napas, serta batuk pada anak-anak, dapat mencegah akumulasi deposito plak pada dinding arteri sehingga membantu meningkatkan kesehatan kardio vascular, merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang dapat melawan penyakit kanker, karena buah ini memiliki kandungan flavonoid, nutrisi nabati, dan karotenoid, memiliki kandungan enzim actinidin yang mampu melunakkan daging dan memecah protein.


5. Mangga
Mangga berasal dari Asia Tenggara dan India. Ada lebih dari 100 varietas mangga yang tergolong dalam 2 tipe, yaitu Indian dan IndoCina (kadang disebut Filipina). Kulit mangga tipis sampai tebal dan berwarna hijau; bila masak bisa tetap hijau atau berubah menjadi oranye, kuning, atau merah, dan tidak bisa dimakan. Buahnya bisa berbentuk bulat, berbentuk ginjal atau memanjang dengan panjang 5 -25 cm, berdaging tebal; ketika masak, dagingnya lunak, legit, atau berserat, berbau harum, rasanya masam sampai manis, dan banyak mengandung air. Mangga berbiji satu, bentuknya pipih, berukuran besar mengikuti bentuk buahnya. Mangga disebut juga sebagai apple of the tropics, the kings of fruits, atau the fruits of the Gods. Karena itu buah ini merupakan komoditas buah yang paling banyak digemari konsumen karena mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. hasiat dan Khasiat dan manfaatnyaasma bronkitis, sesak nafas dan influenza, terapi busung air (edema), terapi pencernaan tidak beres, perut bengkak, terapi perdangan kulit, eksim, peradangan gusi, katarak, suara serak, perut kembung, sakit perut, influenza, antioksidan tubuh, menurunkan resiko stroke.

6. Pepaya
Pepaya merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dan basah. Pepaya menyerupai palma bunganya berwarna putih dan buahnya yang masak berwarna kuning kemerahan. Tingginya pohon pepaya dapat mencapai 8 sampai 10 meter dengan akar kuat. Helaian daunnya menyerupai telapak tangan manusia. Apabila daun pepaya tersebut dilipat menjadi dua bagian persis ditengah, akan tampak bahwa daun pepaya tersebut simetris. Rongga dalam pada buah di potong melintang. Tanaman ini juga dibudidayakan di kebun - kebun luas karena buahnya yang segar dan bergizi. Pepaya berbuah sepanjang tahun dimulai pada umur 6 -7 bulan dan mulai berkurang setelan umur 4 tahun. Pepaya barasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan. Tanaman ini tumbuh cepat dan bisa ditemukan dari dataran rendah sampai 1.000 mdpl. Pepaya merupakan salah satu jenisbuah buni. Bentuk, ukuran, warna, dan rasanya bervariasi, buahnya berongga di bagian dalam; warna oranye sampai kemerahan, bila matang lunak; berair; manis rasanya. Bijinya bulat berwarna hitam dengan permukaan berkerut, dan menempel pada dinding buah. Pepaya sangat disukai oleh penjelajah Christopher Columbus yang menyebutkan “the fruit od the angles”. Buah pepaya merupakan sumber nutrisi antioksidan seperti karoten, vitamin C, dan flavonoid.


Khasiat dan manfaatnya dapat memacu enzim pencernaan, peluruh empedu (Kolagoga), menguatkan lambung, pencahar ringan (laksatif), peluruh urine (diuretik), melancarkan ASI (galaktagog), gangguan pencernaan (dispepsia), sakit maag, tidak nafsu makan, sariawan, sembelit, diare kronis, memar akibat terbentur, sukar kencing atau urine sedikit, peluruh haid, pembesaran hati dan limpa, penyakit kulit, eksim, alergi, keracunan singkong, dan pereda nyeri (analgesik).


7. Pisang
Pisang merupakan buah yang sangat dikenal di Indonesia. Buah ini bisa berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Buah pisang ini berbentuk lonjong dan biasanya mengumpul dalam satu kelompok yang umum disebut tandan. Umumnya pisang memiliki kulit berwarna hijau, hijau kekuningan, namun ada juga pisang yang berwarna merah. Daging buah pisang biasanya berwarna putih, kuning, atau putih kekuningan tergantung jenisnya. Buahnya ini memiliki rasa manis yang disukai banyak kalangan. Tak hanya dimakan mentah, beberapa jenis pisang juga nikmat dibuat aneka makanan atau sebagai campuran pembuatan kue. Ragam pisang banyak sekali, namun demikian ada beberapa jenis pisang yang banyak terdapat di pasaran, baik di pasar umum maupun di supermarket.

Khasiat dan manfaat melumas usus, menawar racun, menurunkan panas (antipiretik), menghaluskan kulit, antiradang, meluruhkan kencing (diuretik), sebagai laksatif ringan, menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan mengatasi haus serta lemah akibat kekurangan kalium, menghentikan diare, alergi tepung padi - padian, kulit muka kering, sariawan, sembelit, dan hipertensi.


8. Pir
Buah pir memiliki bentuk beragam. Ada yang berupa bulatan kecil yang di atas, ada yang berupa bulatan dengan lekukan ditengah mirip dengan lekukan tubuh manusia. Sebagai buah - buah lainnya, buah pir juga terdiri dari beberapa jenis. Ada pir yang berwarna hijau, kuning, hijau kekuningan, merah, ada yang berwarna merah hati, ada juga berwarna coklat dan tidak kurang juga pir yang berkulitnya bercapuk - capuk. Kebanyakan buah pir yang ada di Indonesia adalah buah pir yang berwarna hijau atau kuning. Tanaman buah pir umumnya mengikuti namanya. Buah pir sebenarnya memiliki banyak khasiat, namun sayang hampir semua orang tahu dan kenal buah pir hanya sebagai makanan ‘pencuci mulut’. Mungkin lebih daripada itu, dia hanya di anggap sebagai makanan pembekal serat. Dari sejumlah penelitian diketahui bahwa buah pir sebenarnya mempunyai banyak khasiat. Buah yang termasuk dalam genus pyrus dan famili rosaceae ini sebagaimana buah apel, termasuk juicy fruit karena kandungan airnya yang sangat tinggi. Buah pir rata - rata 160 gram dengan panjang 18 cm dan lebar 8 cm.

Khasiat dan manfaat kendalikan tekanan darah, anti kanker, menurunkan demam panas tubuh, mengencerkan dan menhilangkan dahak pada batuk berdahak, menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, meluruhkan kencing manis.

9. Semangka
Buah semangka berasal dari daerah tropik dan subtropki Afrika. Kulit buahnya tebal dan berdaging, lici, warnanya hijau tua, kuning agak putih, atau hijau muda bergaris - garis putih. Buah berbentuk bola sampai bulat memanjang, besar bervariasi dengan panjang 20 - 30 cm, diameter 15 - 20 cm, dan berat mulai dari 4 - 20 kg, daging buah berwarna merah, merah muda, jingga, kuning, bahkan ada yang putih. Biji berbentuk memanjang, pipih berwarna hitam, putih, kuning, atau cokelat kemerahan. Ada juga semangka yang tanpa biji (seedless).


Khasiat dan manfaat pembersih ginjal, penyejuk tubuh selagi cuaca panas, peluruh kencing (diuerik), antiradang, melumas usus, menghilangkan haus/dahaga, mengurangi cacat lahir,mengatasi sumbatan qi akibat dahak, pingsan karena udara panas (heat stroke), rasa letih, demam tinggi, mulut kering, napas berbau, air kemih warnanya gelap dan kuning tua, nyeri sewaktu kencing, meningkatkan kesuburan pria, mengatasi perut kembung, sembelit, hepatitis, hipertensi, impotensi, keracunan alkohol, menghilangkan kerutan wajah, menurunkan kadar asam urat, dan mengurangi terjadinya penyakit jantung.


10. Stroberi
Fragaria vesca adalah stroberi yang tumbuh liar, ditemukan di Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Jenis buah ini yang dibudidayakan adalah Fragaria x ananassa, hasil persilangan di Eropa dari dua spesies F.Virginiana dan F.Chiloensis. Ada sekitar 100 varietas stroberi yang tumbuh di Amerika, bervariasi dalam ukuran, warna, dan rasa. Secara botani, stroberi bukan buah sebenarnya, tapi merupakan pembengkakan yang tangkai bunga setelah terjadi penyerbukan. Stroberi rasanya manis, berair dengan warna buah merah cerah. Untuk menghindari pembusukan, cucilah stroberi ketika akan dimakan. Jangan langsung di cuci setelah dipetik jika ingin disimpan di lemari es.

Khasiat dan manfaat mencegah katarak, mencegah sembelit, mengurangi resiko kanker, meringankan serangan gout, melindungi fungsi otak, peluruh kencing (diuretik ringan), memperbaiki gangguan pencernaan, memudarkan warna kuning pada gigi, akar dan daunnya bermanfaat untuk mengatasi diare, disentri, mual, dan gout. Pemakaian luar stroberi bermanfaat untuk mengatasi kulit terbakar sinar matahari, luka di kulit, bisul, infeksi, gigitan serangga, dan juga dapat memudarkan warna kuning pada gigi.


PRODUK DAN JASA 
Penjabaran produk atau publikasi ini akan berkenaan dengan informasi yang bersifat edukatif dan tips - tips manfaat buah - buahan berdasarkan tinjauan ilmu kesehatan. Berikut ini adalah penjabaran dari target yang akan dituju terhadap publikasi ini :


Target : 
Demografis
Umur : 23 - 50
Pekerjaan : Mahasiswa - Pensiunan
Pendidikan : D3 - S3
SES : A & B

Jenis Kelamin : Pria & Wanita

Geografis
- Tinggal di perkotaan
- Masyarakat yang gemar pola hidup sehat
- Menyukai tanaman herbal yaitu buah - buahan, sayuran, dan tanaman obat (jamu)


Psikografis
- Memiliki rasa ingin tahu yang peka
- Ingin mencoba hal - hal baru dan sederhana
- Suka menjaga kesehatan
- Suka memakan buah

Proyek yang di garap penulis dalam pembuatan karya buku mengenai manfaat buah - buahan berupa informasi yang akurat yang di dasari oleh buku - buku referensi yang terpercaya serta narasumber yang sesuai bidangnya dalam hal botani tanaman buah - buahan, data riset yang di dapati tentu saja lewat buku - buku referensi dan nara sumber yang terkait yang nantinya akan di kemas dan di analisis secara menarik dan edukatif sehingga masyarakat akan mendapati kesempatan belajar akan pola hidup sehat yang sederhana lewat buah - buahan dan belajar mengenal akan jenis buah - buahan secara menarik.

Karakteristik dalam penyajian buku ini yaitu terbagi menjadi 3 edisi khusus selain buah - buahan sebagai pembahasan utama penulis juga akan membuat mengenai tanaman herbal sayur - sayuran dan tanaman obat sebagai edisi selanjutnya namun itu hanya sebagai penambah, sehingga masyarakat tidak hanya memperoleh hidup sehat dengan buah - buahan, namun sayur dan tanaman obat juga bisa di jadikan bahan referensi untuk penambah gizi dalam hidup sehat. Dan di samping itu juga dengan penyajian buku yang nantinya dibuat akan disajikan secara ilustrasi yang di dasari dari ilmu pengetahuan desain komunikasi visual.

Preposisi (keunggulan) dari pembuatan buku ini tentu saja penyajian visualnya yang menarik lewat ilustrasi yang nantinya akan disajikan lewat 3 edisi khusus dan juga packaging (kemasan) yang diberikan nantinya bukan seperti buku - buku pada umumnya tapi buku yang bisa dijadikan metode edukatif (pembelajaran) bagi mereka yang menginginkan asal mula dari manfaat buah - buahan, namun buah - buah yang nantinya di kemukakan tidak semua yang berada di seluruh kawasan dunia tetapi buah yang hanya tumbuh di Indonesia yaitu buah tropis saja adapun buah yang subtropis hanya sebagai pelengkap karena target yang di berikan adalah untuk masyarakat Indonesia khususnya Jabodetabek, keunggulan lainnya selama penulis melakukan riset masih sedikit buku - buku yang menjelaskan/mendeskripsikan manfaat buah berupa ilustrasi secara desain komunikasi visual untuk itu penulis mengambil kesempatan ini supaya lebih berkesan menarik dan unggul.

Kalaupun untuk kompetitor yang penulis istilahkan sebagai partner dalam hal perjalanan memasarkan dan mempromosikan produk kebanyakan kompetitor berasal dari majalah dan berupa artikel dari media internet. Contoh majalah yang dari dalam negeri sebagai partner yaitu Majalah Nirmala dan Majalah Muslim Sehat sedangkan untuk majalah luar negeri terdiri dari Majalah Natural Health, Health Today Indonesia, Majalah Shape, Men's Health, Men's Fitness, ME Men Magazine, WELL Magazine, Majalah HealthyLife, Majalah HealthNews sekalipun ada produk buku yang sepadan dengan tema yang sama yaitu buku dunia hijau hastakarya anak - anak yang di produksi tahun 1984, lalu untuk bagian buku yang membahas sepenuhnya buah - buahan tapi tidak adanya hal ilustratif sebagai media yang di tonjolkan seperti buku Aneka Buah & Manfaat bagi kesehatan (Veronica), Resep Obat Herbal & Pijat refleksi (Ridia Sazzaki), Khasiat buah & sayut (dr. Setiawan Dalimartha & dr. Felix Adrian), 1001 khasiat buah - buahan (Nurheti Yuliarti), untuk produk yang langsung bersifat makanan atau minuman juga bagian dari partner sebagai media pendukung atau juga pelengkap. Dari sinilah penulis dapat menjabarkan tentang manfaat dan kegunaan buah - buahan secara ilustratif dengan adanya media partner tersebut.

S.W.O.T 
STRENGTH
Untuk keunggulan dari perancangan visual buku ini yaitu penyajian yang diberikan berupa ilustrasi buah - buahan itu sendiri dengan penuh warna yang persuasif sehingga menarik di mata sedangkan untuk isi dalam penulisan di kemas dengan kreatifitas tata letak yang baik (di dasari oleh ilmu desain komunikasi visual) dan mudah untuk di baca sehingga pembaca akan mudah juga menerapkan dan bahasa yang di berikan ringan dan jelas di mengerti.

WEAKNESS
Kelemahan dari perancangan buku ini ialah terbatasnya buah yang dijelaskan dalam publikasinya sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi pembaca dalam mendapatkan informasi yang masih kurang lengkap karena direncanakan tiap buah yang diberi keterangan hanya buah - buah tertentu saja dan untuk mendapatkan buku ini juga sedikit sulit karena konsumen mesti mengikuti promo dari para distribusi buah sehingga terkesan mewah dan eksklusif.


OPPORTUNITY
Untuk peluang kedepan buku ini akan dibuat berseri berpaket tak hanya buah - buah saja yang akan dikemukakan tetapi sayuran dan tanaman herbal juga nanti bisa di publikasikan dalam bentuk buku yang konsepnya sama dengan buah - buahan biar tercipta benang merah (berkesinambungan) dan informasi lengkap sehingga bisa menjadi pilihan dalam membaca.


THREAT
Ancaman yang terjadi adalah dari sistem komputerisasi yaitu berupa dunia maya yang terdapat di internet karena makin banyak pembahasan - pembahasan disana mengenai kesehatan terutama tentang pola sehat herbal dengan buah - buahan lewat website, blogger, atau download buku ebook pdf sehingga penulis memerlukan hal yang menonjol dan beda dalam menyajikan pembahasan yang terkait dalam desain buku ini. Dan kompetitor terbesar kebanyakan dari majalah atau buku literatur.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson