Contoh Jurnal Makna Berdandan Bagi Perempuan (Studi Kasus Tentang Penggunaan Make Up Pada Sales Promotion Girl)

Makna Berdandan Bagi Perempuan (Studi Kasus Tentang Penggunaan Make Up Pada Sales Promotion Girl)
PENDAHULUAN 
Perdagangan kosmetik di Indonesia ternyata sangatlah mencengangkan.Kecantikan yang sudah menjadi kebutuhan primer bagi perempuan berimbas pada penjualan kosmetik di pasaran Indonesia. Menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat memproyeksikan, penjualan produk kosmetik impor tahun 2012 mencapai Rp 2,44 triliun, naik 30% dibandingkan tahun 2011. Bahkan Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi) memprediksi, omzet kosmetik nasional tahun 2013 naik 10-15% menjadi Rp 11,2 triliun dibandingkan tahun 2012 yang mencapai Rp 9,76 triliun. (Kementrian Perindustrian,2013) Merebahnya berbagai macam tempat yang menawarkan berbagai macam kosmetik, mulai terlihat di Kota Surakarta. Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surakarta telah dijadikan sasaran investasi bagi para produsen kosmetik. 

Toko-toko yang menawarkan berbagai macam kosmetik dapat dijumpai dengan mudah, baik di pinggir jalan raya ataupun pusat-pusat perbelanjaan. Mereka yang masih muda pastinya akan lebih memperhatikan tubuhnya agar bisa tampil semenarik mungkin. Mereka cemas akan perubahan fisik dan kulit wajah menghitam pada diri mereka. Perempuan muda ini dapat diidentikan dengan perempuan yang berumur 20-30 tahunan khususnya mereka yang bekerja sebagai SPG(Sales Promotion Girl).Kita dapat melihat bagaimana SPG ini selalu menampilkan penampilan yang menarik secara fisik. 

Salah satu hal yang menjadi tuntutan saat mereka bekerja adalah penggunaan make up. Di pusat-pusat perbelanjaan ataupun di swalayan-swalayan misalnya, disana akan dijumpai para SPG yang menggunakan make up. Tebalnya make up menjadi salah satu hal yang diwajibkan saat mereka bekerja. Hal ini seperti yang diungkapkan salah satu SPG di Stand kosmetik Martha Tilaardengan make up tebal di wajahnya, saat ditanya mengapa para SPG memakai make up saat bekerja. Jawaban yang diberikan adalah karena hal ini sudah menjadi aturan dari atasan, jika tidak mematuhi akan dikenakan denda Rp 100.000,- atau potong gaji. Hal ini menunjukkan bahwa penampilan menarik secara fisik saat mereka bekerja menjadi modal utama menjadi SPG. 

Berawal dari lingkungan pekerjaan inilah, para SPG dituntut untuk terus dan tetap menjaga penampilan mereka. Namun ternyata, hal ini secara sadar ataupun tidak sadar telah berdampak pada sebuah status sosial dan prestise di lingkungan sosial mereka. Tuntutan pekerjaan dengan menggunakan make up, membuat mereka harus mengkonsumsi berbagai macam kosmetik wajah secara lebih sering dibandingkan perempuan biasanya. 

Pengkonsumsian kosmetik untuk ber make up ini yang kemudian berdampak pada gaya hidup para SPG dalam kesehariannya. Bagaimana mereka bertindak untuk selalu menjaga penampilnnya agar tetap menarik seperti melakukan berbagai perawatan dan pergi ke salon. Cantik sendiri dalam penelitian yang dilakukan oleh Septian Gigih Prakoso di Surakarta merupakan bentuk pendominasian terhadap perempuan. Tubuh perempuan tidak pernah lepas dari wacana dan kuasa. Manusia hidup dalam sebuah wacana, sebagaimana juga perempuan yang hidup dalam sebuah wacana dan kuasa tentang tubuh.

Wacana cantik inilah yang membentuk kecantikan pada perempuan.Wacana cantik bisa diterima dalam masyarakat karena wacana tersebut dinormalisasi menjadi sebuah pengetahuan. Penelitian ini akan mencoba menggali makna dibalik sebuah dandanan pada perempuan dengan konsep kecantikan menurut para SPG di Surakarta. 

Konsep konsep lain seperti alasanalasan mereka menggunakan make up dan merek-merek make up apa yang sering mereka pakai, menjadi konsep yang dapat menjawab makna di balik sebuah dandanan pada perempaun saat ini. Sehingga rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana makna dandanan bagi para Sales Promotion Girl di Surakarta? Berdasarakan perumusan masalah yang telah dirumuskan diatas, tujuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah untuk memahami dan menjelaskan makna dandanan bagi para Sales Promotion Girl di Surakarta dan untuk mengetahui gaya hidup para Sales Promotion Girl untuk memenuhi konstruksi kecantikan perempauan masa kini. 

METODE 
Penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus.Terdapat informan pada penelitian ini, yakni informan kunci dan informan pendukung.Informan kunci adalah adalah SPG, sedangkan informan pendukung adalah Event Orginizer, masyarakat umum dan kerabat dekat informan kunci. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam dan observasi langsung.Dalam menguji validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data atau sumber dan triangulasi metode.Tahapan analisis interaktif penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. 

HASIL 
Berbagai pusat-pusat perbelanjaan dan berbagai event yang mempekerjakan perempuan sebagai pekerjanya, telah mewajibkan para perempuan ini untuk selalu tampil menarik. Penampilan menarik ini diantaranya dengan keharusan memakai make up, pakaian seragam dan rapi, penataan rambut dan pemakaian sepatu high hiils. Lokasi pusat-pusat perbelanjaan dan berbagai event yang berada di Kota Surakarta menjadi daya tarik peneliti untuk kemudian melakukan penelitian tentang makna berdandan bagi perempuan dengan objeknya adalah Sales Promotion Girl. Lebih lanjut, pemakaian make up dan berbagai hal yang menjadi aturan saat bekerja tidak hanya menjadi sebuah tuntutan pekerjaan, melainkan juga berbuntut pada sebuah gaya hidup. 

Berdasarkan temuan data lapangan dapat diketahui bahwa pertama pemakaian make up pada Sales Promotion Girl merupakan suatu keharusan saat mereka bekerja. Meski aturan pemakaian make up ada yang tertulis dan ada yang tidak tertulis, para Sales Promotion Girl ini tetap harus memakai make up saat mereka bekerja. Jadi pemakaian make up pada Sales Promotion Girl menjadi sebuah tuntutan pekerjaan yang harus mereka lakukan untuk menarik pelanggan. 

Kedua kosmetik merupakan 
  1. Penunjang kecantikan agar perempuan terlihat cantik 
  2. Kosmetik menjadi penutup kekurangan pada wajah perempuan 
  3. Tampil percaya diri di masyarakat dan 
  4. Terlihat lebih menarik di khalayak umum. 
Wajah menjadi dasar seorang perempuan agar dapat dinilai cantik ataupun tidak cantik oleh orang lain. Ketika seorang perempuan merasa memiliki kekurangan pada wajah mereka, maka mereka memoles wajah mereka dengan make up. Make up menjadikan perempuan tampil lebih cantik dan menarik di masyarakat, mereka juga merasa lebih percaya diri dengan make up. Konsep cantikpun pada dasarnya sama yakni kulit putih, karena putih diidentikan dengan bersih. Ketiga pengkonsumsian kosmetik tidak hanya berbuntut pada keinginan tampil cantik dan menarik tapi juga pada prestise yang kosmetik itu usung.

Berbagai merek kosmetik ternyata cukup diperhitungkan oleh para Sales Promotion Girl ini. Berawal dari banyaknya lingkungan sekitar mereka yang memakai merek kosmetik tertentu, para SPG inipun akhirnya terbawa yang kemudian membawa rasa bangga tersendiri akan kosmetik yang mereka pakai. Selain itu, dalam mereproduksi konsep cantik yang ada dalam masyarakat, para SPG ini memanfaatkan jasa perawatan kulit ataupun dokter kulit.Hal ini untuk mewujudkan konsep cantik tersebut.Rambutpun masuk dalam konsep kecantikan seorang perempuan. 

PEMBAHASAN 
Pemakaian make up atau berdandan merupakan sebuah konstruksi sosial atas kecantikan seorang perempuan. Penilaian dan pemahaman SPG akan bermake up atau berdandan merupakan hasil dari konstruksi pengetahuan yang mereka bangun berdasarkan realitas. Realitas ini tidak terlepas dari tiga tahapan (eksternalisasi, obyektivasi dan internalisasi) yang telah diungkapkan oleh Berger dan Luckman.Realitas tersebut bisa dibangun melalui keluarga, masyarakat, agama dan media. Selain itu lingkungan pekerjaan juga ikut membangun konstruksi cantik seorang perempuan dengan cara berdandan. SPG melihat adanya realitas cantik yang dibangun seperti berkulit putih, tinggi, berambut panjang, hidung mancung, mata bulat dan langsing yang membuat mereka mengikuti hal tersebut.SPG juga meyakini bahwa berdandan sudah menjadi suatu hal yang lumrah bagi mereka saat bekerja. 

Tuntutan pekerjaan membuat mereka harus mengkonsumsi kosmetik lebih sering dibandingkan perempuan biasanya.Penggunaan kosmetik ini juga berdampak pada kehidupan keseharian mereka. Saat para SPG bepergian, mereka juga menggunakan make up atau dandanan seperti saat mereka bekerja meski tidak setebal seperti saat bekerja. Hal ini mengarah pada tujuan mereka yakni ingin tampil cantik.Keinginan untuk tampil cantikpun membuat mereka manfaatkan jasa perawatan kulit dan dokter kulit. Penggunaan kosmetik mahal dan menggunakan jasa perawatan kulit maupun dokter kulit, menjadikan hal ini sebagai sebuah gaya hidup. 

Gaya hidup yang lebih mementingkan citra dan identitas diri melalui sebuah prestise. Media dan iklan televisi sangat berperan penting dalam mengkonstruksi cantiknya seorang perempuan saat ini.Berbagai media dan iklan televisi telah melegitimasi kriteria cantik seseorang.Cantikpun menjadi sesuatu yang terkonstruksikan oleh masyarakat. Pemaknaan berdandan dengan kosmetik yang dilakuakan oleh para SPG pun tidak lepas dari adanya konstruksi sosial atas kecantikan, yang kemudian berkembang menjadi bagian dari gaya hidup dengan berbagai kosmetik dan berbagai hal untuk mengikuti trend. 

SIMPULAN 
Berdasarkan deskripsi dan analisis data yang diperoleh pada penelitian tentang makna berdandan bagi perempuan yang berprofesi sebagai Sales Promotion Girl, maka dapat disimpulkan adalah berdandan (penggunaan make up) merupakan tuntutan pekerjaan agar dapat menarik pelanggan.Dalam persyaratan menjadi SPG tidak lepas dari sebuah konstruksi sosial atas kecantikan yakni cantik, menarik, tinggi, langsing dan putih. Kemudian berdandanpun (penggunaan make up) merupakan syarat mutlak untuk bekerja sebagai SPG.Hal ini membuat masyarakat mewajarkan bahwa SPG memang harus berdandan (penggunaan make up). 

Berdandan tidak hanya tuntutan pekerkjaan tetapi juga untuk tampil cantik dan percaya diri di depan khalayak umum.Kemudian cantik tidak lepas dari konstruksi cantik yang dibangun para SPG adalah perempuan yang berkulit putih, tinggi, berambut panjang, hidung mancung, mata bulat dan langsing.Berdandan merupakan hal penting untuk menutupi kekurangan pada wajah dan pelengkap kecantikan.Para SPG pada akhirnya tergiring untuk menggunakan jasa perawatan kulit putih dan dokter kulit menjadi reproduksi atas konstruksi kecantikan. Tidak hanya penggunaan jasa perawtan kulit dan dokter kulit, konsumsi kosmetik yang SPG pakai mengantarkan mereka pada situs gaya hidup. Merek-merek kosmetik menjadi hal utama dibandingkan kecocokan kosmetik pada wajah.Pengkonsumsian kosmetik merek tertentu membawa prestise tersendiri bagi para SPG. hal terakhir kemudian adalah media iklan, televisi, majalah dan internet menjadi pembentuk konsep kecantikan seorang perempuan dan pembentuk gaya hidup. 

SARAN 
Setelah mengadakan penelitian dan pengkajian tentang makna berdandan pada Sales Promotion Girl, maka peneliti memberikan saran-sran untuk menambah wawasan: 
1. Bagi Masyarakat sebagai konsumen 
  • Masyarakat tidak memandang negatif pekerjaan sebagai SPG karena penampilan SPG yang terkadang terlampau seksi membawa beban moral tersendiri bagi para SPG. Para SPG hanya mengikuti aturan main para kapitalis yang menuntut mereka harus berdandan dan berpenampilan menarik untuk memperoleh penghasilan. 
  • Masyarakat harus menimbang untuk membeli produk yang ditawarkan SPG atau tidak membeli. c. Masyarakat harus lebih kritis terhadap media yang selalu menampilkan gaya hidup kelas atas untuk dapat menekan budaya konsumtif di masyarakat.
 
2. Bagi Sales Promotion Girl 
  • Penampilan menarik, cantik dan tinggi yang sudah menjadi persyaratan agar dapat bekerja belum cukup bagi masyarakat. Bagi masyarakat, hal terpenting adalah keramahan para SPG dalam mengahadapi customer. 
  • Tidak perlu berdandan sebegitu tebal karena hal terpenting bagaimana SPG berkomunikasi dengan customer. 

3. Bagi Event Orginizer 
a. Memberikan pengarahan bahwa kunci SPG adalah berkomunikasi dengan pelanggan dalam menawarkan produknya. Memberikan perlindungan pada SPG yang mendapat pelecehan seksual baik melalui perkataan atau tindakan. 

UCAPAN TERIMA KASIH 
Peneliti mengucapkan Allah AWT yang telah melimpahkan rizki dan hidayahNya.Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing skripsi yang telah membimbing peneliti menyusun skripsi.Terima kasih pada informan yang memberikan cukupmdata untuk penelitian ini.Dan semua pihak yang berperan dan mendukung dalam penelitian ini. 

DAFTAR PUSTAKA 
  • Alfathri Adlin. 2006. Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realitas. Yogyakarta: Jalasutra. 
  • Anthony Synnott. 2007. Tubuh Sosial: Simbolisme, Diri dan Masyarakat. Yogyakarta: Jalasutra. 
  • Audifax. 2006. Imagining Lara Croft: Psikosemiotika, Hiperealitas dan Simbol-Simbol Ketaksadaran. Yogyakarta: Jalasutra. 
  • Berger, Peter L. & Thomas Luckmann. 2012. Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan. Terjemahan Hasan Basari. Jakarta:LP3ES. 
  • Burhan Bungin. 2011. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen serta Kritik Terhadap Peter L. 
  • Berger dan Thomas Luchmann. Jakarta: Kencana. 
  • Burhan, Bungin. 2011. Penelitian Kulitatif. Jakarta: Kencana. 
  • Burhan, Bungin. 2012. Analisis Data Penepitian Kualitatif.Raja Grafindo Persada Jakarta. 
  • Carter, David W. 1999. Strategi Marketing. New Jersey: Prentice HallInternational Inc. 
  • David Chaney. 2011. Lifestyle: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra 
  • http://amieyantezazlin.blogspot.com/2011/07/sejarah-kecantikan.html diakses, Sabtu 23 Maret 2013 jam 16.00 WIB 
  • http://ayuraimanagement.blogspot.com/2010/11/sales-promotion-girl.html diakses, Minggu 24 maret 2013 jam 19.30 WIB 
  • http://bugardansehat.wordpress.com/2011/03/08/sejarah-singkat-kosmetik/ diakses, Jumat 22 maret 2013 jam 22:04 WIB 
  • http://www.psychologymania.com/2012/10/pengertian-kosmetika.html diakses, Kamis 21 maret 2013 jam 13:27 WIB 
  • Idi Subandi Ibrahim. 1997. Lifestyle Ectasy: Kebudayaan Pop Dalam Masyarakat Komoditas Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra. 
  • Jean Baudrillard. 2011. Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi wacana. 
  • John Lindstone. 1992. Mencetak Wiraniaga yang Berhasil.Jakarta : Bina Rupa Aksara
  • Kotler, Philip. 2008. Dasar-dasar Pemasaran Terjemahan Alexander Sindoro. Jakarta: Prenhallindo. 
  • Lexy Moleong. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya Meddy Aginta Hidayat. 2012. Menggugat Modernisme: Mengenali Rentang Pemikiran Postmodernisme Jean Baudrillard. Yogyakarta: Jalasutra. 
  • Miles, B. Matthew dan A. Michaek Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia press Jakarta. 
  • Moh Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: PT Ghalia Indonesia. 
  • Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito. 
  • Raharti, Mujiasih. 2001. Manajemen Penjualan Dan Pemasaran. Yogyakarta. Andi Offset. 
  • Retnasih, Ratna. 2001. Sales Promotion Girls Dalam Berbagai Prespektif. Jakarta, Salmba Empat. 
  • Sugiyono. 2006. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 
  • Sutojo, Siswanto. 2000. Salesmanship (Keahlian Menjual Barang dan Jasa). Jakarta: Dammar Mulia Pustaka 
  • Sutopo HB. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Dasar Teori dan Terapannnya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press 
  • William, L. Rivers, et al. 2003.Media Massa dan Masyarakat Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 
  • Yin, K. Robert.2006. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
ABSTRAK
Latar Belakang: Perdagangan kosmetik di Indonesia menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat, penjualan produk kosmetik impor tahun 2012 mencapai Rp 2,44 triliun, naik 30% dibandingkan tahun 2011.Perkembangan budaya, trend dan masyarakat kapitalis telah menjadikan kecantikan sebagai tujuan utama dari produk yang mereka produksi, salah satunya adalah kosmetik untuk ber make up pada SPG. SPG seolah menjadi simbol cantiknya perempuan modern saat ini mengingat persyartan SPG adalah cantik, menarik dan tinggi.Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui makna berdandan bagi para Sales Promotion Girl yang menggunakan make up, (2) dan untuk mengetahui gaya hidup para Sales Promotion Girluntuk memenuhi konstruksi kecantikan perempauan masa kini. 

Metode: Penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam dan observasi langsung.Dalam menguji validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data atau sumber dan triangulasi metode.Tahapan analisis interaktif penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. 

Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa (1) berdandan (penggunaan make up) merupakan tuntutan pekerjaan agar dapat menarik pelanggan, (2) Persyaratan menjadi SPG tidak lepas dari sebuah konstruksi sosial atas kecantikan yakni cantik, menarik, tinggi, langsing dan putih, (3) Konstruksi cantik yang dibangun para SPG adalah perempuan yang berkulit putih, tinggi, berambut panjang, hidung mancung, mata bulat dan langsing, (4) Pengkonsumsian kosmetik merek tertentu membawa prestise tersendiri bagi para SPG.(5) Media iklan, televisi, majalah dan internet menjadi pembentuk konsep kecantikan seorang perempuan dan pembentuk gaya hidup. Simpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwatuntutan pekerjaan yang mengharuskan SPG berdandan membawa dampak pada gaya hidup para SPG dalam menunjang kecantikan SPG. Kata Kunci: Konstruksi sosial, cantik, masyarakat konsumsi dan gaya hidup
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson