Pengertian Qodho dan Qodar

Pengertian Qodho dan Qodar : Qodho adalah ketetapan, ketentuan atau rencana Allah untuk segenap makhluknya, baik manusia, jin, hewan tumbuhan, gunung, langit, laut, dll.. Sedangkan taqdir adalah kenyataannya, kejadiannya. Kalau sudah terjadi disebutlah taqdir. Misalnya :

Qodho dan Qodar untuk Alam Sekitar :
· Allah menetapkan (qodho) bahwa peredaran bumi mengelilingi matahari adalah 365 hari. Itulah Qodho. Pada kenyataannya (taqdirnya) memang berjalan seperti itu.
· Allah menetapkan (Qodho) bahwa air itu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Pada kenyataannya (taqdirnya) memang demikian.

Antara qodo dan qadar atau taqdir pada alam tidak terjadi perubahan. Itulah sunnatullah (ketetapan Allah). Segenap makhluk, selain manusia dan jin tidak mempunyai pilihan, mereka harus taat kepada ketetapan Allah, terpaksa maupun sukarela.

Qodho-qodar untuk Manusia :
· Allah menetapkan bahwa manusia hanya boleh beribadah kepada Allah. Itulah Qodho. Tetapi pada kenyataannya banyak juga manusia yang menyembah selain Allah. Itulah taqdir. 
· Allah menetapkan (qodho) bahwa setiap anak wajib berbuat ihsan kepada orangtuanya, tetapi pada kenyataannya (taqdirnya) ada juga anak yang durhaka kepada orangtuanya.
· Pada saat bayi berusia empat bulan dalam kandungan, Allah menetapkan potensi-potensinya atau bakat-bakatnya. Besar kecilnya bakat ini untuk setiap bayi berbeda-beda. Itulah ketetapan (qodho) Allah. Nanti setelah anak itu dewasa akan berusaha mengembangkan potensi itu, sehingga ada orang yang menjadi pemain bola tingkat internasional. Itulah taqdir. Tetapi ada juga yang malas berlatih sehingga hanya menjadi pemain bola tingkat kecamatan saja. Itupun taqir juga.

Qodho Allah untuk manusia sering berbeda dengan taqdirnya sebab manusia dengan akalnya mempunyai hak pilih, tetapi kadang-kadang pilihannya dipengaruhi oleh nafsu syaithaniyah. Tidak heran kalau ada manusia yang menyembah batu, membunuh, dan berbuat maksiat lainnya. 

Menghadapi Taqdir 
Allah mempunyai qodho (ketetaapan) untuk setiap manusia, tentang jatah umurnya, jatah rizkinya, dan lain-lain. Ini adalah rahasia Allah, manusia tidak akan pernah tahu masalah itu dengan pasti , sehingga tidak mungkin umur manusia itu sama panjangnya dan tidak mungkin manusia di dunia itu sama kayanya atau sama miskinnya. 

Kewajiban manusia adalah berikhtiar (bekerja) dan berdoa agar ketetapan (Qodho) Allah benar-benar menjadi kenyataan (taqdir) yang baik. Bagi anak yang memiliki bakat atau potensi main bola, hendaklah berlatih sekuat tenaga agar menjadi taqdir yang baik yakni menjadi pemain bola yang tangguh.

Bagi orang yang diberi bakat menyanyi yang baik, hendaklah ia berlatih yang baik sehingga menjadi penyanyi yang baik.

Pendek kata, semua manusia harus berusaha maksimal dan berdoa optimal agar memperoleh taqdir yang baik. Kita harus menyongsong taqdir sebab taqdir pada umumnya tergantung usaha kita. Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kalau kaum itu tidak mengubah nasibnya sendiri.

Akan tetapi kadang-kadang, walaupun kita sudah berusaha maksimal dan berdoa optimal, ternyata gagal juga. Gagalnya itu bukan karena malas, atau ceroboh tetapi karena tidak terduga, entah mengapa. Gagal seperti itu disebut Mushibah. Misalnya seorang ibu mau menyeberang di jalan raya, ia sudah sangat hati-hati, lirik kiri lirik kanak, begitu menyeberang jalan, di luar dugaan ada motor yang melaju kencang dari arah belokan. Si ibu yang sudah berada di tengah jalan dan tidak sempat lagi mengelak, akhirnya ia ditabrak motor. Kecelakaan itu tidak terduga, itu disebut Mushibah.

Contoh lainnya : Ada seorang anak SD yang pandai, ketika mau mengahadpi ujian ia belajar sungguh-sungguh, shalat serta berdoa sekuat hati. Pada waktu ia pulang sekolah ia kehujanan sehingga ia jatuh sakit. Sakitnya semakin parah padahal sudah berobat ke dokter. Akhirnya anak itu meninggal dunia, ia tidak sempat ikut ujian. Itu namanya Mushibah.

Mushibah adalah kejadian buruk yang tidak disengaja, bukan karena kecerobohan, bahkan tidak bisa diramalkan sebelumnya. Mushibah adalah semata-mata kehendak Allah, Allah memaksanya. Manusia mau tidak mau harus menerimamnya. Al-Qur'an surat Al-Hadid ayat 22 menyatakan sbb : 

Pada umummnya, manusia menganggap bahwa mushibah itu buruk tetapi belum tentu menurut Allah. Allah menyatakan : "Bisa jadi apa yang kamu anggap buruk justeru baik menurut Allah".

Ibarat sikap serang ibu kepada anaknya. 
Seorang anak usia 4 tahun berusaha meminta permen dan es kepada ibunya. Ia merengek-rengek. Ibunya mendengar permintaan itu tetapi si Ibu tidak mau memberi anaknya permen atau es. Ibunya hanya memberi roti. Si anak bingung lantas menangis dengan menyatakan :" Ibu Jahat, ibu Jahat. Mengapa saya minta permen atau es, tetapi ibu tidak memberi, malah ibu memberi roti. Saya tidak mau roti. Ibu Jahat, ibu tidak sayang saya".

Ibu berkata :"Ibu bukan tidak sayang kamu nak !, kalau kamu makan permen kamu bisa sakit gigi. Juga kalau kamu makan es, kamu bisa sakit perut".

Jadi kalau kamu sudah berusaha maksimal dan sudah berdoa optimal tetapi usahamu gagal juga, itulah mushibah, itu dari Allah, itu tanda kasih sayang Allah juga, hanya mungkin manusia tidak tahu rahasia Allah. Oleh karena itu kalau terkena mushibah, kamu harus mengucapkan kalimat "Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun".

Dengan demikian sukses sebagai taqdir yang baik dan mushibah sebagai taqdir yang buruk, semuanya dari Allah SWT , kita harus menerimamnya. Itulah yang dimaksud dengan beriman kepada taqdir Allah, yang baik maupun yang buruk.

Taqdir Mubram dan Mu'allaq
Ada qadar yang bisa diubah dengan usaha manusia ada yang tidak bisa diubah lagi.

Contoh :
· Si Heni harus lahir dari rahim Ibu Susi, sedangkan Tatang lahir dari rahim ibu Ikah. Tak dapat diubah lagi.
· Lahir sebagai etnis Sunda atau Aceh adalah tak dapat diubah lagi.

Kejadian yang tak dapat diubah dengan usaha dan doa adalah taqdir Mubram. 

Sedangkan kejadian yang bisa diubah dengan ikhtiar dan doa adalah taqdir Mu'allaq, seperti miskin jadi kaya, bodoh jadi pandai, dll.

Kewajiban manusia adalah berusaha dan berdoa agar taqdir mu'allaq bisa berubah menjadi serba baik. 

Mushibah dan Halkan 
Kamu sudah tahu bahwa kejadian buruk (taqdir buruk) yang bukan karena kecerobohan manusia, atau bukan disengaja, disebut Mushibah. Tetapi kalau kejadian buruk itu karena kecerobohan manusia, disebutlah Halkan, bukan mushibah.

Itu semua adalah kejadian buruk, atau taqdir buruk, tetapi buruknya karena kesalahan manusia sendiri. Yang demikian bukan mushibah tetapi disebut Halkan.

Allah berfirman bahwa apa-apa yang baik adalah dari Allah datangnya, sedangkan apa-apa yang buruk adalah dari dirimu sendiri.

Mushibah adalah buruk secara lahiriyah padahal hakikatnya adalah baik, itu berasal dari Allah. Sedangkan halkan adalah buruk secara lahiriyah dan juga dari segi hakikat. Itu berasal dari manusia. 

Kalau manusia terkena mushibah harus bersabar, tetapi kalau manusia terkena Halkan harus bertaubat.

Sukses tanpa doa :
Ada juga orang prilakunya busuk, ikhitiarnya tidak mengenal haram halal, jarang berdoa, tidak pernah shalat, dan lain-lain. Pokoknya hidupnya biadab tetapi ternyata dia sukses, menjadi orang kaya, pangkatnya tinggi, anak buahnya banyak, dan lain-lain.

Kesuksesan yang demikian bukanlah nikmat tetapi Istijrad, yakni pemberian Allah tanpa kasih sayang. Dia dikasih tetapi tidak disayang.

Jadi kalau seseorang dalam usahanya sering melanggar aturan Allah, tidak pernah beribadah kepada Allah, berperilaku jahiliyah tetapi sukses, maka orang demikian bukan sukses sebagai berkah Allah tetapi sukses sebagai istijrad.

Maukah kamu menjadi pengusaga sukses karena istijrad ? maukah kamu menjadi penyanyi yang sukses karena istijrad, maukah kamu kaya karena istijrad ? Jangan-jangan mau. Karena bisa saja di dunia seperti sukses padahal di akhirat akan ditenggelamkna ke dalam neraka. 

Kalau ada orang yang memperoleh kesuksesan karena isrijrad, maka harus diingatkan oleh teman-temmannya agar dia bertaubat.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson