BAGIAN AWAL DARI TESIS

BAGIAN AWAL DARI TESIS   
Sampul 
Pada sampul dicetak: Judul tesis, tulisan kata: tesis (huruf kapital), tulisan kalimat: Untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar Magister atau Doktor, nama program studi, lambang Universitas Brawijaya, nama lengkap penulis (tanpa gelar), nomer induk mahasiswa, tulisan: Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang, dan tahun tesis diajukan. Contoh sampul tesis (Lampiran 1) dan disertasi (Lampiran 2).

Sampul terdiri dari dua bagian: sampul luar dari karton (hard cover) dan sampul dalam dari kertas HVS putih. Pada punggung sampul dicantumkan nama penulis, judul tesis dan tahun kelulusan. Cara penulisan punggung buku, lihat contoh pada Lampiran 3. 

Halaman Judul 
Halaman judul karya ilmiah berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul, namun dicetak di atas kertas HVS putih.  Contoh halaman judul tesis (Lampiran 4) dan disertasi (Lampiran 5). 

Halaman Pengesahan 
Halaman pengesahan memuat judul karya ilmiah, nama penulis dan kata-kata pengesahan,  susunan dewan penguji dan tanda tangan dewan penguji dengan urutan ketua komisi pembimbing, anggota komisi pembimbing dan pengesahan  Dekan Fakultas atau Direktur  PPSUB.  Contoh halaman pengesahan tesis (Lampiran 6) dan disertasi (Lampiran 7). 

 Halaman Identitas Tim Penguji 
Halaman identitas tim penguji dicetak pada kertas HVS putih, memuat judul tesis, identitas mahasiswa, nama komisi pembimbing atau komisi promotor, dan nama tim dosen penguji. SK (atau surat penugasan) penguji dari Program Pascasarjana Universitas Brawijaya disertakan. Contoh halaman identitas tim penguji tesis (Lampiran 8) dan disertasi (Lampiran 9). 

Halaman Pernyataan Orisinalitas 
Halaman pernyataan orisinalitas merupakan halaman yang memuat ketegasan penulis bahwa naskah tesis bukan karya plagiasi dan menjamin orisinalitasnya. Contoh halaman pernyataan ini disajikan pada Lampiran 10 untuk S2 dan Lampiran 11 untuk S3. 

Halaman Peruntukan 
Halaman peruntukan bukan merupakan halaman wajib untuk  diadakan.  Pada halaman ini ditulis hal yang  sifatnya pribadi antara lain untuk siapa tesis tersebut dipersembahkan. Contoh halaman  peruntukan  pada Lampiran 12. 

Halaman Riwayat Hidup 
Halaman riwayat hidup berisi nama penulis, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, riwayat pendidikan dan riwayat pekerjaan serta prestasi-prestasi yang menonjol (Lampiran 13). 

Halaman Ucapan Terimakasih 
Halaman ucapan terima kasih ini di uraikan secara singkat kepada siapa saja yang membantu selama proses penelitian hingga penulisan. Harap diperhatikan; nama, gelar, instansi dicetak secara benar. Contoh disajikan pada Lampiran 14. 

Halaman Ringkasan 
Ringkasan ditulis dalam dua bahasa: bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul ringkasan adalah sama dengan judul karya ilmiah, diketik  dengan  huruf kapital pada halaman baru. Judul ringkasan atau summary ditempatkan di sisi halaman bagian atas.  Ringkasan mencakup masalah penelitian, tujuan penelitian, metode penelitian dan hasil-hasil penelitian yang menonjol.  Di dalam ringkasan  tidak  boleh ada  kutipan (acuan) dari  pustaka,  jadi merupakan  hasil uraian murni dari penulis. Isi ringkasan harus dapat dimengerti tanpa harus melihat  kembali pada materi karya ilmiah.  Ringkasan disusun dengan jumlah maksimum 600 kata (1,5-2 halaman) dan diketik satu spasi.  Contoh  ringkasan (Lampiran 15).     

Halaman Summary 
Summarymerupakan ringkasan yang ditulis dalam bahasa Inggris. Contoh summary(Lampiran 16). 

Halaman Kata Pengantar 
Kata pengantar memuat rasa syukur sehingga tulisan dapat disajikan, uraian singkat proses penulisan karya ilmiah dan penulis mengantarkan kepada pembaca agar dapat memahami isi tulisan, harapan: penyempurnaan, manfaat bagi yang membutuhkan. Contoh halaman kata  pengantar  pada Lampiran 17.

Halaman Daftar Isi 
Halaman  daftar  isi diketik pada  halaman  baru  dan diberi  judul  daftar isi yang diketik dengan huruf kapital tanpa diakhiri titik dan diletakkan di tengah atas kertas. Dalam daftar isi dimuat daftar tabel, daftar gambar, judul dari bab dan sub bab, daftar pustaka dan lampiran. Keterangan yang mendahului daftar isi tidak perlu dimuat dalam daftar isi.  Judul  bab  diketik  dengan huruf kapital, sedangkan judul sub bab diketik dengan huruf kecil kecuali huruf pertama  tiap sub bab diketik dengan  huruf  besar.  Baik judul bab ataupun sub bab tidak diakhiri titik. Nomer bab menggunakan angka romawi dan sub bab menggunakan angka arab. Jarak pengetikan antara baris judul bab  yang satu dengan bab yang lain adalah dua spasi, sedangkan jarak spasi antara  anak bab adalah satu spasi. Contoh halaman daftar isi pada Lampiran 18.

Halaman Daftar Tabel 
Halaman daftar tabel diketik pada halaman baru. Judul daftar tabel diketik dengan huruf kapital tanpa diakhiri titik dan diletakkan di tengah atas kertas. Daftar tabel memuat semua tabel yang disajikan dalam teks dan lampiran. Nomer tabel ditulis dengan angka. Jarak pengetikan judul (teks) tabel yang lebih dari satu baris diketik satu spasi dan  jarak  antar judul tabel dua spasi.  Judul  tabel dalam halaman daftar tabel harus sama dengan judul tabel dalam teks. Contoh halaman daftar tabel pada Lampiran 19.

Halaman Daftar Gambar 
Halaman daftar gambar diketik pada halaman baru. Halaman daftar gambar memuat daftar gambar, nomer gambar  judul gambar dan nomor halaman, baik gambar yang ada dalam teks dan dalam Lampiran. Cara pengetikan pada halaman daftar gambar seperti pada halaman daftar tabel pada Lampiran 20.

Halaman Daftar Lampiran 
Daftar lampiran diketik pada halaman baru. Judul daftar lampiran diketik di tengah atas halaman dengan huruf kapital. Halaman daftar lampiran memuat nomer teks judul lampiran dan halaman. Judul daftar lampiran harus sama dengan judul lampiran. Lampiran, misalnya memuat contoh perhitungan, sidik ragam, peta, data, dan lain-lain.

Halaman Daftar Simbol, Singkatan, dan Definisi 
 Halaman daftar simbol dan singkatan memuat simbol/besaran dan singkatan istilah/satuan. Bagian Daftar  simbol ini tidak perlu selalu ada. Cara pengetikannya adalah sebagai berikut:
  • Pada lajur/kolom pertama memuat singkatan.             
  • Pada lajur/kolom ke dua memuat keterangan singkatan yang disajikan pada lajur pertama.
  • Penulisan singkatan diurut berdasarkan abjad latin dengan huruf besar diikuti dengan huruf kecil.
  • Bila simbol ditulis dengan huruf Yunani, penulisannya juga berdasarkan abjad Yunani.
  • Keterangan pada lajur ke dua diketik dengan huruf kecil kecuali huruf  pertama diketik  dengan  huruf besar.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson