CONTOH PROPOSAL MAGANG DI PT BURSA EFEK INDONESIA

PROPOSAL MAGANG DI PT BURSA EFEK INDONESIA
Efek merupakan surat berharga, seperti pengakuan utang, saham, obligasi, surat penyertaan, tanda bukti utang, unit pernyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek dan setiap turunan dari efek. Bursa Efek Indonesia (BEI) salah satu lembaga yang turut membantu mempertemukan penawaran jual-beli efek di Indonesia. BEI sendiri merupakan hasil penggabungan antara Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya sejak tahun 2007. Bursa Efek Surabaya sendiri saat ini telah menjadi pasar obligasi dan derivatif, sementara pasar saham dipusatkan di Jakarta. 

Saham adalah salah satu jenis surat berharga yang digunakan sebagai alat bukti atas kepemilikan individu ataupun institusi dalam sebuah perusahaan. Dengan kata lain saham tidak hanya dapat dimiliki oleh orang per orang tetapi juga perusahaan atau organisasi apapun yang ingin menginvestasikan uangnya. Dalam teorinya terdapat dua faktor yang mempengaruhi harga saham, yaitu Faktor Fundamental dan Faktor Teknikal. Faktor Fundamental menjadi faktor yang sangat penting sebab faktor ini berhubungan langsung dengan keadaan perusahaan, industri perusahaan tersebut dan ekonomi. 

Sementara Faktor Teknikal lebih banyak membicarakan mengenai keadaan pasar saham yang mempengaruhi pergerakan harga saham tersebut, seperti banyaknya permintaan dan penawaran atas saham tersebut. (Sekolah Pasar Modal, Bursa Efek Indonesia, Kelas Basic,2009) Dalam setiap transaksi tentunya memiliki proses yang dinamakan proses jual-beli saham. Oleh BEI proses jual-beli saham dibagi dalam beberapatahaphttp://www.idx.co.id/MainMenu/Education/MekanismePerdagangan/tabid/194/lang/idID/language/id-ID/Default.aspx), yaitu:
  1. Pendaftaran untuk menjadi nasabah. Sebelum melakukan transaksi efek seorang investor harus melakukan pendaftaran untuk menjadi nasabah atau membuka rekening pada perusahaan efek atau salah satu broker. 
  2. Order dari nasabah. Dalam proses ini nasabah sudah dapat melakukan transaksi dengan cara memberikan instruksi kepada broker atau perusahaan efek yang menaunginya. Instruksi dapat dilakukan melalui media komunikasi seperti telepon ataupun internet. 
  3. Diteruskan ke Floor Trade. Pada proses ini, instruksi pemesanan oleh nasabah dilanjutkan oleh broker kepada petugas broker tersebut yang berada di lantai bursa untuk diproses. 
  4. Memasukan order ke JATS. JATS atau Jakarta Automated Trading System merupakan sebuah sistem komputer yang mempertemukan antara penawaran dan permintaan dari nasabah. Floor Trader akan memasukan order nasabah sesuai informasi yang diberikan oleh broker ke dalam JATS. Ketika order tersebut telah tercatat di dalam JATS baik floor trader, broker maupun nasabah dapat memantau order tersebut sehingga apabila ada perubahan nasabah dapat segera memberikan instruksi kepada floor trader. 
  5. Transaksi terjadi. Dalam tahapan ini order tersebut telah menemukan harga yang diinginkan oleh nasabah baik sebagai pihak yang menjual maupun pihak yang membeli. Dengan kata lain order jual dan beli telah bertemu sehingga dapat segera dilakukan transaksi. Broker akan segera menghubungi nasabah untuk memberitahu bahwa order yang diinginkan telah terpenuhi. 
  6. Tahap penyelesaian. Perdagangan saham di BEI merupakan perdagangan saham atas nama sehingga untuk kepentingan kepemilikan diperlukan proses penyelesaian yang dikenal dengan T+3. T+3 artinya penyelesaian dilakukan selama 3 hari setelah transaksi. Pada tahap ini ada dua lembaga yang dilibatkan yaitu PT. Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI) dan PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)
Dari tahapan tersebut dapat disimpulkan bahwa proses jual-beli saham cukup kompleks dan melibatkan banyak pihak. Oleh sebab itu, untuk mengedukasi masyarakat BEI mengadakan proses simulasi jual-beli saham, seperti yang pernah dilakukan di Universitas Bakrie (d/h Bakrie School of Management). Oleh sebab itu, untuk mengedukasi masyarakat BEI mengadakan proses simulasi jual-beli saham, seperti yang pernah dilakukan di Universitas Bakrie (d/h Bakrie School of Management). Akan tetapi, simulasi tersebut tidak dapat menggambarkan proses jual-beli secara utuh karena singkatnya durasi yang diberikan, sehingga proses simulasi hanya berkonsentrasi pada tahap order hingga kejadian transaksi. Padahal proses yang terjadi dalam jual-beli saham tidak sesederhana proses simulasi. Di BEI juga tidak hanya terdapat proses jual beli efek tetapi juga proses-proses lainnya yang berhubungan dengan fungsi BEI sebagai pihak penyelenggara dan penyedia sistem dalam proses jual-beli efek. 

Universitas Bakrie merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berorientasi kepada keadaan nyata dalam dunia kerja dan usaha juga dalam pengembangan jiwa kewirausahaan. Setelah mengadakan program magang pada jenis Usaha Kecil Menengah (UKM), Universitas Bakrie juga mengadakan program magang di perusahaan-perusahaan besar. Selain untuk menambah pengalaman, program ini juga dimaksudkan sebagai salah satu proses penerapan disiplin ilmu yang teorinya telah dipelajari sebelumnya oleh mahasiswa. Dengan diadakan program magang ini, diharapkan mahasiswa dapat melakukan pembandingan antara teori yang didapat selama masa perkuliahan, yang dalam hal ini terkait dengan mata kuliah Financial Market and Institution dan Corporate Finance, dengan praktiknya dalam dunia kerja. Selain itu, diharapkan dengan adanya program ini pengetahuan dan wawasan mahasiswa semakin bertambah seiring juga dengan bertambahnya pengalaman. 

BIDANG YANG DIMINATI 
Dari uraian diatas dapat terlihat bahwa Penulis dalam pelaksanaan Kerja Praktik tertarik pada bidang Pasar Modal, khususnya saham yang disesuaikan dengan bidang yang dikuasai dan teori-teori yang telah dipelajari sebelumnya.

Bagi Mahasiswa 
  • Sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk menamatkan pendidikan Strata 1 di Universitas Bakrie. 
  • Memberi gambaran kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu dan teori yang telah didapatkan pada masa perkuliahan dalam dunia kerja.
  • Mahasiswa dapat mempersiapkan diri secara mental maupun fisik juga kualitas dalam rangka menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif. 
  • Pembekalan terhadap mahasiswa untuk menjadi seorang yang berpotensi, kompeten, dan profesional agar siap memasuki dunia kerja. 

Bagi Penyelenggara Program
  • Sebagai bahan evaluasi atas kurikulum yang dilaksanakan selama ini dengan kebutuhan teori dan praktik dalam dunia kerja. 
  • Untuk memperkenalkan Program Studi Akuntansi di Universitas Bakrie kepada masyarakat luas. 

TUJUAN 
  1. Menambah pengalaman, informasi dan pengetahuan mahasiswa serta dapat mempraktikan ilmu yang telah didapatkan dalam dunia kerja untuk memenuhi kebutuhan entitas. 
  2. Mengukur kemampuan penalaran dalam memahami, membahas, dan menyelesaikan permasalahan sesuai dengan bidang yang diminati di lapangan. 
  3. Mengetahui bagaimana proses jual-beli saham dan proses-proses terkait lainnya secara nyata dan mengaitkannya dengan bidang yang ditekuni saat ini.
WAKTU PELAKSANAAN 
Berdasarkan ketentuan yang telah ditentukan oleh Jurusan Akuntansi Universitas Bakrie, Penulis berharap dapat melaksanakan Kerja Praktik selama 2 (dua) bulan, terhitung sejak 5 Juli 2010 hingga 5 September 2010. 

PENUTUP 
Kerja Praktik yang akan dilakukan oleh Penulis merupakan salah satu program yang diadakan oleh Jurusan Akuntansi Universitas Bakrie. Program ini tidak hanya bertujuan untuk mengamalkan teori-teori yang telah didapatkan selama dibangku kuliah, tetapi juga memberikan pengalaman baru dan wawasan tentang dunia kerja secara nyata. Melalui program ini pula diharapkan para mahasiswa Universitas Bakrie dapat membentuk karakter dan kompetensinya agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan industri/usaha saat ini. Demikian proposal magang ini Penulis ajukan, semoga mendapatkan sambutan yang baik dari Bapak/Ibu sebagai pimpinan instansi terkait. Teriring doa semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kemudahan dalam pelaksanaan Kerja Praktik hingga pelaporannya sehingga dapat diambil manfaatnya demi kemajuan bersama di masa yang akan datang.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson