Contoh Proposal Gaya Hidup Masyarakat Yang Menggunakan Telepon Selular

Contoh Proposal Gaya Hidup Masyarakat Yang Menggunakan Telepon Selular 
Informasi merupakan hal yang mutlak dibutuhkan oleh masyarakat dimana seluruh aktivitas yang dilakukan selalu mengacu pada pertimbangan intensifitas den efektivitas. Kondisi ini berlangsung karena keadaan selalu berubah dengan cepat. Sebagai konsekwensinya, maka tanpa informasi, seseorang akan tertinggal dalam segala hal dan akan kalah dalam berbagai kompetisi yang semakin ketat dalam rangka mempertahankan dan mencapai kemajuan hidup.

Pada masa sekarang ini, informasi bukan lagi merupakan produk pelengkap, melainkan sudah merupakan kebutuhan utama. Dengan memiliki informasi, maka seseorang akan tahu apa yang harus dilakukan dan ia akan dapat menguasai keadaan. Dengan demikian informasi merupakan referensi penting bagi manusia dalam membuat keputusan perihal apa yang akan dilakukan demi mencapai tujuan tertentu. Modernisasi peralatan komunikasi ini terjadi secara terus-menerus dengan kecepatan yang makin tinggi. Dengan demikian informasi yang ada dapat diakses dalam waktu singkat dan mampu tersebar pada khalayak yang akan dicapai.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan akan informasi tersebut, saat ini kita mengenal berbagai alat komunikasi modern sebagai hasil dari kemajuan teknologi. Penggunaan pesawat telepon biasa yang hanya mungkin di tempat yang bersifat statis, ternyata sangat menghalangi dan membatasi pergerakan penggunanya. Kondisi tersebut tentu sangat menghambat jika seseorang harus berkomunikasi dengan orang lain, sementara ia sedang dalam perjalanan, sehingga banyak informasi penting yang terpaksa terlewatkan. Akibat logis dari kondisi dan keterbatasan tersebut banyak pula peluang yang tidak dapat ia gunakan dengan baik.

Pada awalnya penggunaan telepon selular hanya berkaitan dengan upaya memperoleh kemudahan dalam menghubungi dan dihubungi saat mana memerlukan dan diperlukan komunikasi antar manusia. Namun perkembangan yang terjadi selanjutnya mengindikasikan bahwa telepon selular juga dianggap mencerminkan status sosial, citra, dan gaya hidup. pada akhir-akhir ini telepon selular tidak hanya dilihat dari sisi kemampuannya sebagai alat berkomunikasi, tetapi juga dilihat dari sisi mode telepon selular itu, dimana sisi terakhir ini dianggap mencerminkan status sosial, citra, dan gaya hidup. Melalui berbagai media, produsen telepon selular selalu mempromosikan produk telepon selular dengan berbagai mode dan spesifikasi yang makin bervariasi.

Pada mulanya penggunaan telepon selular selalu dikatakan dengan golongan pengusaha, yang dalam hal ini dianggap sebagai golongan yang paling membutuhkan komunikasi dengan intensitas dan frekwensi yang tinggi demi kemajuan usahanya.    Namun perkembangan yang terjadi akhir-akhir ini antara lain menunjukkan bahwa pengguna telepon tidak lagi terbatas hanya para pengusaha, tetapi juga kalangan pekerja (buruh) baik di sektor pemerintah maupun swasta.

Ashadi Siregar (Ibrahim, 1997:227), mengemukakan gaya hidup dapat diartikan sebagai penjejak dengan cara gampangan untuk mengenali perbedaan kehidupan kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Gaya    hidup pengguna telepon selular merupakan suatu fenomena baru dalam masyarakat kita khususnya di kalangan anak muda terlebih- lebih mahasiswa yang biasanya sangat dekat dengan dinamika budaya populer. Citra, status sosial, dan .gaya hidup masyarakat pengguna telepon selular bukan hanya bersumber dari mereka sendiri, tetapi juga bersumber dari orang lain.

Dengan demikian pengguna telepon selular dikondisikan untuk menerapkan gaya hidup tertentu yang berbeda dari gaya yang tidak memiliki telepon selular.

Perumusan Masalah
1.      Bagaimana intensitas penggunaan telepon selular di kalangan masyarakat Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.
2.      Tujuan menggunakann telepon selular.
3.      Manfaat yang diperoleh menggunakan telepon selular.
4.      Berapa biaya yang digunakan telepon seluler setiap bulan.
5.      Bagaimana gaya hidup pengguna telepon selular.

Pembatasan Masalah 
Adapun batasan masalah dalam penelitian ini hanya terkait dengan masyarakat Kecamatan Padangsidimpuan Selatan yang menggunakan telepon selular, yakni yang berkaiatan dengan intensitas, tujuan dan manfaat dan gaya hidup masyarakat, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan yang semakin meningkat.

Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui intensitas penggunaan telepon seluler di kalangan maryarakat Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.
2.      Untuk mengetahui tujuan menggunakan telepon selular
3.      Untuk mengetahui manfaat telepon selular.
4.      Untuk mengetahui biaya yang digunakan telepon seluler setiap bulan.
5.      Untuk mengetahui gaya hidup masyarakat yang menggunakan telepon  selular  di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

Manfaat Penelitian
1.      Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah penelitian perihal penggunaan teknologi komunikasi khususnya telepon selular dalam kehidupan sehari-hari.­
2.      Penelitian ini bermanfaat dalam penerapan teori-teori tentang dampak kehadiran teknologi komunikasi dan pengaruhnya terhadap gaya hidup masyarakat.
3.      Sebagai bahan masukan kepada Departemen Komunikasi dan informatika RI untuk bahan membuat rumusa dan kebijakan.
4.      Sebagai pengembangan ilmu Komunikasi.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson