Contoh Proposal Sistem Informasi Persediaan Barang Plenoptic Clothing Company

Contoh Proposal Sistem Informasi Persediaan Barang Plenoptic Clothing Company
Perkembangan Sistem Informasi berbasis komputer pada saat ini sudah menjadi tuntutan utama pada setiap perusahaan dalam skala besar maupun kecil sebagai sistem pengolahan data. Informasi menjadi bagian terpenting pada setiap pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Informasi yang tepat, akurat dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut.

Suatu sistem informasi persediaan barang yang baik akan meningkatkan produktiitas dan kinerja dari perusahaan. Dalam melakukan penelitian di plenoptic clothing company penulis menemukan permasalahan yaitu adanya kesalahan dalam beberapa proses pengolahan dan penyampaian informasi. Terutama dalam proses transaksi pembelian dan penjualan barang kemudian pelaporan hasil proses transaksi dan pengelolaan persedian barang yang dibutuhkan oleh pihak manajemen, sering terdapat kesalahan dan ketidaksesuaian. Sehingga masalah – masalah itu dapat menghambat aktivitas perusahaan, terlebih lagi sampai menimbulkan kerugiaan bagi perusahaan.Oleh karena itu diperlukan suatu sistem informasi yang dapat mendukung pengelolaan informasi yang ada serta mampu menyelesaikan masalah yang ada dengan menggunakan sistem terkomputerisasi.

Berdasarkan hal tersebut penulis mencoba menjawab tantangan dan berusaha mengembangkan kemampuan dibidang informatika untuk membuat sebuah perangkat lunak (software), yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan memberikan kemudahan dalam pengolahan sebuah informasi.

Dari persoalan diatas, penulis tertarik untuk mengembangkan Sistem Informasi Persediaan Barang yang ada saat ini sehingga dapat mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada.Dari persoalan ini penulis mengangkat hal tersebut untuk dijadikan sebagai skripsi dengan judul “Sistem Informasi Persediaan Barang Plenoptic Clothing Company”.

Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah mengenai sistem informasi  persediaan barang di Plenoptic Clothing Company, adalah sebagai  berikut:
  1. Kekurangan dari sistem yang sedang berjalan yaitu sering terdapat duplikasi data, lalu dalam proses pembuatan laporan tidak tepat dan tidak cepat. Sehingga hal – hal tersebut agak menghambat aktivitas di perusahaan.
  2. Kendala yang timbul adalah pada saat transaksi pembelian sering terjadi kesalahan pencatatan, pengarsipan, dan pelaporan.
  3. Pada transaksi penjualan juga sering terjadi hal yang sama yaitu sering terjadi kesalahan pencatatan, pengarsipan, dan pelaporan. Mengakibatkan adanya masalah di Plenoptic Clothing Company yaitu, terlambatnya pelaporan yan diminta pihak manajemen. Hal ini juga berakibat kerugian pada perusahaan.
  4. Kemudian dalam pengaliran informasi dari suatu bagian ke bagian lain terjadi keterlambatan penyampaian informasi.

Batasan Masalah
Agar mengarah pada pokok permasalahan yang sedang dibahas serta menghindari kajian yang terlalu luas, maka perlu ditetapkan batasan masalah yang akan menjadi ruang lingkup kajian yang akan dilakukan dengan melihat hal-hal yang telah diuraikan diatas. Maka batasan masalah yang akan dikaji meliputi  :
  1. Pengelolaan transaksi pembelian dan penjualan dikembangkan kearah otomatisasi dan terkomputerisasi dengan perangkat lunak (software) yang dikembangkan.
  2. Dalam pelaporan yang dibutuhkan pihak manajemen juga diotomatisasi dengan mengambil rekam data dari penginputan, dan hasil proses transaksi yang terjadi.
  3. Batasan pengembangan lain yaitu dengan membuat sistem informasi persediaan barang dengan sistem client server, yang dapat menjawab permasalahan informasi yang sering terlambat dalam penyampaiannya.
  4. Membuat hak akses berbeda pada setiap bagian yang terkait dalam sistem persediaan yang dikembangkan ini, yaitu bagian administrator, bagian persediaan, manager.

Maksud Dan Tujuan Penelitian
Adapun maksud dari penyusunan skripsi ini adalah untuk mengatasi kendala yang terjadi pada sistem yang sedang berjalan di plenoptic clothing company, terutama pada pengelolaan stok barang, pembelian, penjualan barang. Dalam hal ini telah ini telah disampaikan di sub bab identifikasi masalah yang dijelaskan.
Sedangkan tujuan dari pengembangan sistem informasi persediaan barang ini adalah :
  1. Menyajikan informasi yang tepat dan akurat mengenai stok barang, pembelian barang, penjualan barang, kepada bagian administrasi, bagian persediaan, dan manager 
  2. Mengembangkan sistem informasi yang menunjang kepada pengolahan data stok barang, pembelian barang, penjualan barang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  3. Mengembangkan pula sistem basis data, untuk menangani pengolahan data barang dan transaksi di plenoptic clothing company yang terkomputerisasi nantinya.    
  
Metode Penelitian
Teknik pengumpulan data untuk melengkapi data atau informasi dalam skripsi ini, menggunakan metode sebagai berikut :
  1. Observasi, pengamatan langsung terhadap aktivitas di Plenoptic Clothing Company.
  2. Wawancara, melakukan pengumpulan data atau keterangan secara langsung dengan tanya jawab mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penelitian.
  3. Studi Pustaka, melakukan pengumpulan dan pencarian data dari buku yang menunjang terhadap penulisan skripsi ini.
Metode Pengembangan Sistem
Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan Metode Model Waterfall yang merupakan metode  yang berfungsi sebagai sebuah mekanisme untuk mengindentifikasi kebutuhan perangkat lunak, waterfall bisa menjadi paradigma yang efektif bagi rekayasa perangkat lunak. Penjelasan dari level-level yang dilalui pada model perancangan sistem waterfall adalah sebagai berikut:
Metode Perancangan Sistem dengan Model Waterfall

Gambar  Metode Perancangan Sistem dengan Model Waterfall
(Sumber : Adapted From Dorfman 1997.P7 See Also Van Vliet 1999.P50)


Waktu dan Lokasi
 Waktu penelitian yang dilakukan oleh penulis dimulai dari tanggal 16 November  2006, dan tempat penulis melakukan penelitian di Plenoptic Clothing Company yang beralamatkan Jln. Raya Rancaekek - Majalaya No.156 Rancaekek Kab. Bandung.

Sistematika Penulisan
Dalam penulisan laporan ini, pembahasan ini dibagi kedalam beberapa bab, diantaranya adalah:

BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan beberapa sub bab antara lain: latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metoda penelitian, metoda pengembangan sistem serta sistematika penulisan, dimaksudkan agar dapat memberi gambaran tentang urutan pemahaman dalam menyajikan skripsi ini.

BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini membahas mengenai landasan teori yang terdiri dari definisi sistem, informasi, alat untuk analisis dan merancang model proses dan model data dari sistem.

BAB III : ANALISIS SISTEM
Bab ini menguraikan tentang analisa kebutuhan sistem disamping itu juga membahas mengenai gambaran sistem  yang sedang berjalan.

BAB IV : PERANCANGAN SISTEM
Bab ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah yang digunakan dalam proses perancangan sistem meliputi diagram alir dokumen, diagram konteks, data flow diagram, kelemahan sistem, kamus data, normalisasi, rancangan sistem serta rancangan pengkodean.

BAB V : IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini menguraikan tentang implementasi dari sistem yang diusulkan meliputi pemakaian hardware maupun software.

BAB VI : PENUTUP
Bab ini menguraikan kesimpulan dari permasalahan yang dibahas serta saran yang akan menjadi masukan bagi perkembangan sistem ini
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson