Perubahan Paradigma Layanan Perpustakaan Memasuki Era Teknologi Informasi

Perubahan Paradigma Layanan Perpustakaan Memasuki Era Teknologi Informasi 
Jika Anda diminta menggambarkan bagaimana wujud perpustakaan yang ideal, apakah Anda akan menggambarkannya dengan gedung besar dan megah yang di dalamnya terkoleksi ribuan buku, baik buku impor maupun buku lokal. Atau Anda akan mempersepsikan perpustakaan dengan ruang dan koleksi buku secukupnya tetapi dilengkapi dengan jaringan komputer online yang memadai. 

Jika Anda memilih yang pertama maka Anda termasuk golongan yang memiliki paradigma lama. Bagi kelompok ini, perpustakaan yang ideal adalah perpustakaan dengan gedung besar (bertingkat), megah dan di dalamnya terkoleksi ribuan buku secara komplit. Sebaliknya jika Anda memilih yang kedua justru Anda termasuk yang memiliki paradigma baru. Menurut kelompok ini, suatu perpustakaan tidaklah wajib menempati ruang yang besar dan megah dan memiliki semua koleksi buku. Perpustakaan cukuplah menempati ruangan yang tidak terlalu besar tetapi cukup untuk menampung koleksi buku dan peralatan komputer. Jaringan komputer inilah yang menjadi urat nadi kegiatan perpustakaan. 

Ada dua kelompok kerja perpustakaan yang dapat memanfaatkan teknologi informasi, yaitu yang berkaitan dengan pekerjaan rutin perpustakaan (library housekeeping) dan yang berhubungan dengan penelusuran informasi (information retrieval). Aplikasi teknologi informasi pada pekerjaan rutin di sini meliputi kontrol terhadap terbitan berseri, katalogisasi dan klasifikasi, akuisisi dan pemesanan bahan pustaka, dan statistik koleksi perpustakaan. 

Adapun aplikasi teknologi informasi pada penelusuran informasi berhubungan dengan penyediaan sarana temu kembali informasi. Temu kembali informasi menyangkut kendali sumber dan materi perpustakaan, eksploitasi, serta isi dokumen. Sistem temu kembali informasi ini bisa berupa sistem intern, yaitu pangkalan data lokal beserta jasa dan produk yang berkaitan dengannya, bisa juga berupa sistem ekstern, seperti online searching, world wide web, dan lain-lain beserta jasa dan produk yang berkaitan. Penelusuran informasi selain dilakukan pada data lokal dapat juga dilakukan ke pangkalan data nonlokal. Pangkalan data nonlokal ini bisa bersifat komersial atau pun gratis.

A. Penelusuran Pustaka secara Online
Kehadiran teknologi informasi seperti internet, dan multimedia di perpustakaan telah mengubah paradigma layanan perpustakaan. Perpustakaan tradisional yang menekankan layanannya pada penyediaan akses ke informasi yang dimilikinya, dipaksa berubah konsep akses ke informasi tanpa harus memiliki koleksinya. Jumlah koleksi dan luas gedung yang dianggap penting pada perpustakaan tradisional menjadi tidak begitu penting. Akses ke sumber-sumber informasi yang lebih luas menjadi lebih penting daripada sekadar memiliki jumlah koleksi yang besar. Dengan munculnya perpustakaan digital, maka pemanfaatan bahan ajar dan kepustakawanan dapat dipakai oleh banyak pemakai dengan menggunakan fasilitas:

1. Electronic Mail (e-mail)
Electronic mail atau surat elektronik merupakan salah satu fasilitas internet yang banyak digunakan untuk berkomunikasi, antara lain untuk keperluan perpustakaan, misalnya menghubungi penerbit, pengarang suatu artikel dan lain-lain termasuk saling bertukar informasi melalui surat elektronik.

2. Mailing List. 
Mailing list memanfaatkan kemampuan penyebaran salinan surat-surat penting ke semua pemakai termasuk pemesanan bahan ajar atau kepustakaan.

3. News Group. 
Fasilitas news group hampir sama dengan mailing list, dalam arti pemakai juga merupakan suatu forum untuk tukar menukar informasi. Bedanya news group tidak memerlukan e-mail, tetapi anggota harus menggunakan program yang disebut news reader untuk mengakses newsgroup.

4. World Wide Web (WWW).
WWW adalah suatu kelompok lokasi internet yang berkembang dan membentuk dokumen-dokumen web atau halaman-halaman web milik sendiri, untuk disajikan kepada pengguna yang menjalankan browser. Halaman-halaman web menjadi istimewa dengan adanya hypertext link, yang dapat menuntun pemakai ke halaman lain untuk informasi yang lebih detail.

5. Telnet.
Fasilitas telnet dipergunakan untuk menghubungkan ke suatu sistem komputer lain, sehingga dapat menggunakan komputer tersebut dari jarak jauh. Pemakai harus mempunyai user name untuk masuk dan menjangkau wilayah perpustakaan tertentu dan kadang-kadang harus membayar sejumlah uang untuk memperoleh akses informasi dalam bentuk fullpaper.

6. File Transfer
File transfer digunakan untuk memindahkan atau mengkopi file dari satu komputer ke komputer lain. File tersebut dapat berisi dokumen, grafik, program komputer, atau video dan suara yang terekam secara digital. Hal ini akan mempermudah pekerjaan, teutama dalam pengiriman laporan atau proposal maupun hasil kerja berupa perangkat lunak atau desain dalam media elektronik. 

7. Gopher
Gopher digunakan untuk mencari informasi melalui menu-menu dengan mudah. Sistem gopher menempatkan menu-menu yang mudah dipakai dan terstandarisasi pada lokasi-lokasi internet serta sumber daya informasi yang tersedia. Gopher adalah sistem klien dan server yang terdistribusi. Server-server tersebut dihubungkan dengan server-server lain, sehingga pemakai yang menjalankan perangkat lunak klien gopher dapat menghubungkan ke sebuah server dan memiliki akses ke seluruh gopherspace lengkap dengan lokasi-lokasi dan menu-menu gopher.

8. Penelusuran Informasi
Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan perpustakaan digital melalui internet, pemakai dapat mengakses informasi yang dibutuhkan di tempat mana pun. Untuk melakukan penelusuran maka kita tinggal mengetik kata kuncinya, dan secara otomatis jaringan akan mencari dan menunjukkan sejumlah informasi yang diperoleh melalui jaringan yang terhubung dengan perpustakaan digital. 

9. Silang Layan.
Jasa silang layan bisa digunakan untuk saling memberikan salinan bahan pustaka yang dibutuhkan pemakai perpustakaan melalui perpustakaannya. Jasa silang layan yang konvensional umumnya dikirim lewat surat menyurat dengan memakan waktu yang cukup lama dan biaya yang cukup banyak. Keberadaan perpustakaan digital dengan fasilitas e-mail dapat mempercepat perolehan informasi. Untuk pengiriman artikel dalam bentuk cetak dapat dikirim melalui pos.

10. Jasa Pemencaran Daftar Isi Jurnal.
Dalam jaringan internet terdapat banyak sumber-sumber informasi yang memberikan layanan daftar isi jurnal ilmiah kadang sampai abstraknya. Daftar isi dan abstrak dapat di-download atau dicetak secara cuma-cuma.

11. Jasa Internet Phone.
Jasa ini memberikan fasilitas kepada pemakai perpustakaan untuk berdialog dengan siapa pun dan di mana pun ia berada dengan biaya pulsa lokal. 

B. Pemanfaatan Internet dalam Penelusuran Informasi
Internet adalah jaringan luas komputer, yang biasa disebut dengan worldwide network. Dengan internet maka kita akan dapat mencari dan mendapatkan jutaan informasi, mulai dari informasi kota-kota dunia, pemerintahan, budaya, teknologi, pribadi, berita, majalah dan Koran dari seluruh dunia dan sebagainya. Jadi singkatnya internet adalah sumber informasi dan alat komunikasi serta hiburan.

Beberapa fasilitas yang dapat kita manfaatkan dari internet yaitu:
1. Browser (Web Browser)
Browser adalah suatu program atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan komputer kita ke internet, lebih jelasnya Browser adalah suatu program yang digunakan untuk mengakses internet. Browser disebut juga dengan Web Browsing. Kita bisa memilih salah satu browser yang kita inginkan , misalnya: Internet Explorer (produk Microsoft Corporation), Netscape Communicator (produk Netscape), Mosaic atau yang lain. 

2. E-Mail (Electronic Mail)
E-Mail (surat elektronik) adalah proses surat-menyurat yang dilakukan dalam internet, surat tersebut dapat berupa teks atau file. Kita dapat mengirim e-mail dengan gratis (bebas biaya) dengan menggunakan yahoo.com, hotmail.com, mailcity,com dan lain-lain.

3. Home Page
Home page adalah halaman yang ditampilkan setiap kali kita membuka Netscape Communicator atau internet Explorer.

4. Web Page
Internet terdiri dari berjuta-juta halaman, dan setiap halaman disebut dengan halaman web (web page). Sedangkan halaman yang pertama kali muncul ketika kita browser Netscape Communicator atau internet Explorer) disebut dengan home page. Web Page biasa juga disingkat dengan Web atau halaman saja. Web Page, disebut juga dengan URL (alamat internet).

5. Web Site
Web Site adalah suatu menu yang terdapat di dalam suatu halaman (biasa disingkat dengan site dan di – indonesiakan menjadi situs)

6. Chating
Chating adalah komunikasi dengan sesama pemakai internet yang sedang on-line. Komunikasi dapat berupa teks atau suara (tergantung peralatan yang terpasang pada komputer kita).
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson