Pengertian Dan Manfaat Matriks Ansoff
“The Ansoff matrix is also referred to as the market/product matrix in some texts. Some texts refer to the market options matrix, which involves examining the options available to the organisation from a broader perspective.” (Lynch, 2003)
The Ansoff Matriks is a model that has proven to be very useful in business unit strategy processes to determine business growth opportunities using two dimensions: products and markets.
Strategic marketing planning tool that links a firm's marketing strategy with its general strategic direction and presents four alternative growth strategies as a table (matrix). These strategies are seeking growth:
a. Market penetration: by pushing existing products in their current market segments.
b. Market development: by developing new markets for the existing products.
c. Product development: by developing new products for the existing markets.
d. Diversification: by developing new products for new markets.
(Igor Ansoff,1941), and first published in 1957 in Harvard business review.
Dari beberapa definisi yang disampaikan para ahli dapat disimpulkan bahwa Matriks Ansoff adalah sebuah matriks alternatif untuk menggambarkan strategi pertumbuhan perusahaan, Igor Ansoff mempresentasikan sebuah matriks yang berfokus pada perusahaan saat ini dan produk dan pasar potensial (pelanggan). Dengan mempertimbangkan cara untuk tumbuh melalui produk yang ada dan produk baru, dan di pasar-pasar yang ada dan pasar baru, ada empat kemungkinan kombinasi produk-pasar. Matriks Ansoff menyediakan empat strategi pertumbuhan yang berbeda, yaitu :
a. Market Penetration
b. Market Development
c. Product Development
d. Diversification
Gambar Ansoff’s Matriks
Manfaat dan Kegunaan
a. Mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar produk saat ini
b. Merestrukturisasi pasar yang matang dengan mengusir pesaing
c. Meningkatkan volume penggunaan oleh pelanggan yang sudah ada
d. Mengenal segmentasi pasar
e. Merefleksikan segmen dimana produk kita sudah digunakan
f. Memajukan bisnis dan usaha perlu dilakukan upaya-upaya perubahan secara terus menerus
Kelebihan dan Kekurangan
1. Kelebihan
Kelebihan dari Matriks Ansoff adalah:
1. Berguna untuk melengkapi analisis SWOT dalam membantu membuat pilihan ketika organisasi memiliki kapasitas untuk memperluas produk maupun pemasaran.
2. Meningkatkan loyalitas merk, hal ini akan mendorong pelanggan untuk membeli produk yang dipasarkan.
2. Kekurangan
Kekurangan dari Matriks Ansoff adalah:
1. Matriks Ansoff tidak memberikan pilihan.
Penggunaan Ansoff matriks sebagai alat untuk menganalisis jalur strategis merk yang dapat diikuti, dan tidak dapat mengidentifikasi pilihan pemasaran.
2. Tidak bisa berdiri sendiri untuk hasil yang lebih konkrit.
Langkah-langkah yang harus diambil saat melakukan analisis strategis dari suatu organisasi termasuk SWOT analisis, PESTEL dan Ansoff matriks sebagai model dasar analisis, yang harus digunakan bersama dan tidak dipisahkan, untuk melihat skenario strategis lengkap. Juga, rekomendasi yang dibuat atas dasar hanya pada salah satu model yang tidak konkrit dan kurangnya secara mendalam.