Analisis Dan Pengamatan Tentang “Google Mendunia”
Saat ini google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penggunna internet di dunia.Apapun informasi dapat didapatkan didalamnya.Maka dari itu perlu diadakannya evaluasi secara mendalam mengenai google yang mendunia.Mulai dari dibuatnya google hingga perkembangan google sampai saat ini.Banyak sekali kasus dan informasi mengenai perkembangan google.com yang juga berdampak pada google itu sendiri.Mengevaluasi perkembangan Google beserta tantangan yang dihadapinya adalah tujuan pembuatan makalah ini.Selain itu kita juga perlu memperhatikan beberapa aspek untuk pengamatan masalah yang dihadapi oleh google.
Beberapa dampak positif dan negatif juga akan dibahas dalam makalah ini.Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana cara mengevaluasi situs google.com ini,karena evaluasi yang akan dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa sukses google saat ini.Dengan mengevaluasi diharapkan juga kita dapat mengerti sejarah dan kegunaan google karena tidak jarang juga masyarakat pengguna internet menggunakan google hanya untuk mencari situs-situs porno.Hal itu juga masalah yang dihadapi oleh citra google.com.Oleh karena itu dengan latar belakang masalah yang dihadapi oleh google dapat menjadikan dasaran untuk mengevaluasi dan pengamatan terhadap google.com.
Ruang Lingkup Masalah
Dari latar belakang masalah yang dihadapi oleh google,adapun ruang lingkup masalah dalam pengamatan mengenai “Google Mendunia”, yaitu yang pertama melakukan evaluasi terhadap google dengan menggunakan model kekuatan kompetitif dan model rantai nilai.Yang kedua mencari sumber-sumber google yang merupakan keunggulan kompetitifnya dan mencari nilai goggle bagi para penggunanya.Selanjutnya mengamati dan mengevaluasi masalah dan tantangan apa saja yang dihadapi google dalam kasus ini,seperti faktor manajemen,faktor organisasi dan juga faktor teknologi yang memainkan peran atas masalah dan tantangan ini.Menjelaskan strategi bisnis google yang dapat menangani tantangan secara lebih efektif.Dan yang terakhir adalah mengamati dan menjelaskan hasil pengamatan mengenai seberapa suksekah google saat ini dan memberikan opini tentang seberapa suksesnya google dimasa yang akan datang.
Metode Pembahasan
Metode pembahasan yang kami gunakan dalam menyelesaikan makalah ini yaitu pengamatan kritis mengenai masalah yang dihadapi oleh google.Dan pengamatan dengan evaluasi secara mendalam.Dengan metode pembahasan tersebut diharapkan materi bahasan yang akan kami sampaikan dapat mencapai tujuan dan penjelasan secara mendalam dapat menjadikan pembaca paham mengenai pembahasan kasus ini.Hal yang harus diperhatikan juga yaitu bagaimana pembahasan kasus ini dapat tersampaikan baik oleh pembaca yaitu dengan menggnakan bahasa indonesia yang baik dan tidak menggunakan kata-kata yang kasar maupun bahasa asing yang tidak efektif.Oleh karena itu dengan menggunakan metode pembahasan yang baik diharapkan pembahasan dari kasus ini dapat tersampaikan dengan baik juga oleh pembaca.
Tujuan Penulisan
Dengan adanya masalah-masalah yang dihadapi dari kasus ini,pastinya ada juga tujuan dari penulisan makalah ini ialah untuk menjawab semua masalah yang dihadapi.Ada pula tujuan utama penulisan makalah ini adalah menjelaskan bagaimana keunggulan-keunggulan kompeetitif dan nilai Google dari para penggunanya.Menjelaskan masalah-masalah yang dihadapi oleh Google.Dan menjelaskan bagaimana strategi bisnis dalam Google.Dengan itu penjelasan secara detail mengenai kasus yang dihadapi diharapkan tujuan dapat tercapai.Maka dari itu tujuan melalui penjelasan dapat membuat pembaca memahami pembahasan dari google ini serta semua masalah dapat terpecahkan setelah tujuan dapat tercapai dan penjelasaan yang efektif membuat pembaca lega karena telah membaca makalah ini.
PEMBAHASAN
Pembahasan tentang “Google Mendunia”
Evaluasi terhadap Google dengan menggunakan model kekuatan kompetitif dan model rantai nilai.
Google adalah Mesin Pencari atau dalam bahasa asingnya yaitu Search Engine dan merupakan mesin pencari melalui jaringan internet di dunia Maya yang sudah mendunia. Google terlahir di sebuah Garasi pada januari 1996.Google diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin .Mereka adalah mahasiswa di Stanford University. Mereka menganalisa hubungan sebuah web dengan web yang lain, dan mereka berpikir untuk membuat search engine untuk dapat membuat hubungan yang relevan.Dengan menggunakan backrub adalah search engine yang mereka buat pertama kali, dan sistemnya menganalisis backlink.Larry Page dan Sergey Brin melakukan pengujian dan menjadikan thesis mereka sebagai penelitian untuk search engine mereka. Akhirnya search engine buatan mereka digunakan oleh Stanford University di google.stanford.edu. Dan domain google.com diregistrasikan pada 15 september 1997 dan menjadi perusahaan Google Inc.Pada 4 September 1998, Google yang pada saat itu masih berkantor di Garasi milik salah seorang teman Larry Page dan Sergey Grin sudah mencapai investasi hingga $1,1 juta, termasuk $100,000 dari Andy Bechtolsheim, salah satu penemu Sun Microsystems. Google baru berpindah kantor pada maret 1999 ke Palo Alto. Sejak saat itu google terus berkembang dan terus memperoleh banyak kunjungan ke search engine atau mesin pencarinya karena desain yang simple dan hasil pencarian yang bagus dan efisien.itulah sekilas tentang sejarah Google, dan selanjutnya akan dibahas mengenai dampak postif dan negatif nya.
DAMPAK POSITIF
· Dengan adanya mesin pencari pengguna internet dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari hanya dengan mengetikan kata kuncinya.
· Mesin pencari dapat menaikkan traffic dari sebuah web.
· Dalam sebuah kasus Google juga membantu seorang pria yang bernama Dr. Scott Becker, seorang pria yang bermukim di Atlanta, Amerika Serikat, reuni dengan puterinya yang telah terpisah 30 tahun berkat pertolongan dunia maya.
· Dengan adanya layanan google seperti Google erath dapat membantu ahli geologi,maupun orang-orang lainnya untuk dapat melihat lokasi yang dicari
· Menambah pengetahuan.
· Mempercepat pencarian informasi yang jelas beserta gambarnya.
DAMPAK NEGATIF
· Penyuspun ke arsip – arsip rahasia di dunia maya.
· Konten pornografi yang tidak di filter, sehingga dapat diakses semua kalangan.
· Pempublikasian data – data rahasia yang terkadang tersaring dan masuk dalam fitur pencarian di google.
· Dengan informasi yang sangat luas yang bisa diakses dengan bebas, membuat beberapa orang tidak berusaha bekerja kers untuk mendapat sebuah informasi . ex . tugas sekolah, kuliah.
· Terlalu terbuka dalam menghimpun informasi
· Sebagai portal pencari informasi Google bukanlah aplikasi yang aman, karena ia hanya mencari berdasarkan perintah yang dituliskan oleh pengguna. Entah itu baik atau buruk. Entah itu sopan atau tidak. Entah itu serius atau main-main. Entah itu up to date atau out of topic. Entah itu berguna atau tidak.
Berikut 10 search engine pesaing Google :
1. Merupakan search engine yang dikembangkan oleh sekelompok orang yang berasal dari mantan pegawai Google dan institusi lain seperti IBM dan Altavista. Cuil yang dapat dikatakan sebagai “Google Killer” telah diluncurkan sejak 28 Juli 2008 memiliki keunggulan pengindeksan halaman 10x lebih cepat dari Microsoft dan 3x lebih cepat daripada Google.
2. Twitter juga dapat dianggap sebagai “Google Killer”, namun masih memiliki kelemahan berupa “bugs” yang mengganggu. Paling tidak, twitter merupakan alat yang bagus dalam hal SEO(Search Engine Optimization), walaupun tetap saja tidak berguna bila tidak ada campur tangan Google.
3.Untuk Yahoo, dari geliatnya saat ini terlihat sedang mengadakan serangkaian pengembangan teknologi search engine. Dari sisi kegunaan, search engine ini membantu user untuk melakukan pencarian query sekaligus membantu user untuk mendapatkan hasil yang relevan. Sejauh ini, Yahoo sangat concern terhadap fungsi pencarian ini, mereka pun menawarkan pengintegrasian Flickr, fitur embedded video dan fitur pencarian lainnya secara universal yang hasilnya dapat merubah Yahoo secara signifikan dari sisi bisnis.
4.Ada di dalam benak setiap orang, apakah Wolfram Alpha dapat menggantikan posisi Google? Itu merupakan suatu pandangan yang sempit. Google berbeda dengan Wolfram Alpha, Google melakukan pencarian dengan metode “synonymous”, cara kerjanya dengan mencari suatu hasil yang sesuai dengan padanan kata yang dicari, sedangkan Wolfram Alpha, lebih menekankan dari sisi ilmiah. Hal ini merupakan sebuah terobosan baru, dengan adanya promosi yang efektif dan pendanaan yang kuat, mungkin Wolfram Alpha dapat berbicara banyak di masa depan.
5.Facebook dan Google merupakan 2 buah perusahaan besar yang berkembang sangat pesat di internet akhir2 ini, dan sejauh ini, popularitas dari facebook telah banyak membantu Google untuk meningkatkan pendapatan. Facebook bersifat komplementer dan positif bagi Google sejauh ini, namun itu bisa saja berubah bila media sosial seperti Facebook menemukan model bisnisnya sendiri dan dapat menghasilkan pendapatan dari iklan media online lainnya.
6.Bing cenderung memberikan jawaban langsung terhadap pertanyaan-pertanyaan yang ada dan memiliki sistem yang hampir sama dengan Wolfram Alpha. Bing lebih dikonsentrasikan pada masalah cuaca, kesehatan dan kepentingan lokal.
7.Mahalo diluncurkan pada bulan Mei 2007 oleh Jason Calacanis. Search engine ini berbeda dari search engine lainnya karena dalam melacak dan menghasilkan suatu hasil dari pencarian menggunakan metode pendekatan pada istilah yang sedang popular pada saat ini.
8.Quintura merupakan mesin pencari khusus yang menampilkan peta visual hasil pencarian dan menawarkan kuantum hasil pencarian yang lebih tinggi. Dengan mengekstrak berbagai kata kunci dalam hasil pencarian, dapat ditemukan berbagai istilah yang sesuai dengan pencarian. User dapat memperbaiki entry yang dimasukkan dengan mengklik kumpulan kata yang ada di peta visual dan setelah itu, user dapat menemukan informasi hasil pencarian yang lebih relevan karena entry yang ada telah dipersempit cakupan atau ruang lingkupnya. Selain itu, tersedia fitur “Quintura for kids” yang merupakan salah 1 fitur unggulan dari Quintura.
9.Merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di San Francisco, California, yang mengembangkan sebuah mesin pencari berdasarkan artikel-artikel yang ada di Wikipedia.
10.Ini adalah mesin metasearch yang dikembangkan oleh Vivismo (Vivísimo adalah perusahaan yang dibangun di atas teknologi pencarian web yang dikembangkan oleh peneliti di Universitas Carnegie Mellon), yang dapat memberikan hasil berupa pengelompokkan. Clusty menawarkan interface dan fitur baru dibandingkan Vivisimo clustering web metasearch terdahulu dengan menambahkan beberapa tab yang menawarkan metasearches untuk pekerjaan, berita, blog dan pemerintah Amerika Serikat.
Masalah yang dihadapi Google
Pada tahun 2000, Google meluncurkan AdWords, program iklan swalayan, dimana pengiklan ditawari bahwa iklannya dapat ditempatkan bersama dengan hasil pencarian dari kata kunci untuk pertanyaan tertentu. Pada tahun 2002, AdWords select memperkenalkan cara pembayaran per klik (cost-per click-CPC) sehingga pemasang iklan hanya membayar untuk iklannya ketika pengguna benar-benar meng-klik iklannya. Google menentukan penempatan iklan berdasarkan kombinasi CPC dan jumlah klik (click-through) sehingga iklan yang paling relevan untuk suatu kata kunci muncul di posisi yang paling mudah dilihat. Iklan-iklan yang didasarkan pada kata kunci muncul di seluruh jaringan Google, termasuk America Online, Shopping.com, Ask.com, The New York Times, dan banyak situs web bereputasi tinggi lainnya.
AdWords dituduh rentan terhadap praktik yang dikenal sebagai penipuan melalui klik (click-fraud). Sebuah bisnis yang iklannya menerima ribuan klik dari sumber-sumber yang tidak bermaksud melakukan pembelian dapat menghabiskan anggaran pemasarannya dengan cepat dan harus berhenti beriklan sama sekali. Perusahaan-perusahaan yang jahat telah mencoba menggunakan click-fraud untuk meningkatkan biaya iklan pesaingnya dan menempatkan mereka pada kelemahan kompetitif.
Dalam kasus ini , Google mempunyai suatu system yang berguna untuk mendeteksi click-fraud sebelum pembeli dikenakan biaya . Google tidak menjelaskan secara rinci dalam sistem ini akrena menyangkut masalah keamanan , namun sistem ini telah terus dikembangkan untuk mengatasi para hacker dan perusahaan yang tidak bertanggung jawab melakukan hal ini.
Apakah strategi bisnis Google dapat menangani tantangan secara lebih efektif?
Kunci Keberhasilan Google
1. Kepemimpinan yang mengutamakan nilai (Value – driven leadership)
Menurut Berry (1999), salah satu ciri kunci keberhasilan bisnis jasa adalah kepemimpinan yang didasari oleh nilai – nilai yang berlaku di perusahaan. Dimana perusahaan yang berada dibawah value – driven leadership mampu memberikan kewenangan karyawan dengan bebas dan terarah. Dengan kata lain lingkungan karyawan dibuat sedemikian rupa sehingga mempunyai budaya yang sama dimana semua karyawan terbiasa untuk memputuskan hal – hal penting tanpa meminta petunjuk dari atasan, karena memang setiap karyawan diberikan kewenangan untuk memutuskan sesuatu dengan tujuan kepuan konsumen.Sedikit berbeda dengan perusahaan jasa konvensional lainnya, Google sebagai jasa mesin pencari di Internet yang sifat jasanya hampir tidak dapat dirasakan dan tidak terdapat kontak langsung dengan penggunanya. Di Google para pemimpinnya cenderung berfokus pada penciptaan lingkungan kerja yang mendukung proses pencapaian nilai – nilai perusahaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Atas dasar pengalaman selama bergelut dalam bidang mesin pencari Internet, para pemimpin Google menetapkan 10 nilai atau dikenal sebagai Google’s Ten Things sebagai landasan yang berorientasi pada produk mesin pencarinya. 10 Nilai itu adalah
2. Fokus kepada pengguna dan yang lain akan mengikuti.
Google senantiasa berfokus atas kebutuhan dari pengguna / konsumen yang datang ke situsnya dengan mengedepankan faktor – faktor sebagai berikut :
Interface yang jelas dan simple.Halaman yang loading secara cepat.Penempatan hasil dari mesin pencari yang tidak dijual kepada perusahaan atau individu manapun.Pengiklanan yang harus relevan dengan isi dari konten halaman.
3. Berfokus.. pada sesuatu dengan benar-benar baik.Selalu memfokuskan dalam pemecahan suatu masalah secara benar benar serius. Dengan melakukan pembenahan atas masalah masalah sulit yang dihadapi, Google telah banyak berpengalaman untuk mengatasi masalah yang kompleks yang menjadikan Google berkembang dan menjadi pionir dalam bidangnya.
4. Cepat lebih baik dari lambat.Google percaya pada kepuasan yang instant , dimana pengguna Google mendapatkan jawaban dan jawaban itu didapatkan sekarangan juga. Sampai sekarang Google selalu mencari jalan terbaik sehingga website Google mempunyai kecepatan loading yang lebih tinggi.
5. Demokrasi pada pekerjaan Web.Untuk menentukan peringkat web, Google tidak menggunakan editor atau group analis tertentu. Google bekerja dengan memanfaatkan berjuta juta orang yang akses ke websitenya untuk mengetahui situs mana yang mempunyai konten yang baik dan sering diakses. Google memberikan peringkatnya dengan menggunakan teknik yang dinamakan PageRank.
6. Anda tidak perlu berada dibelakang meja untuk mendapatkan jawaban.
Dengan tuntutan dunia kerja sekarang ini, yang mengharuskan orang untuk sering berpindah pindah tempat dan berpergian menuntut Google juga bisa diakses lewat alat alat mobile seperti PDA, Handphone dan lain lain.
7. Semboyan perusahaan ”Don’t be Evil”.Semboyan ini diterapkan oleh Google ketika menjalin hubungan khusus dengan perusahaan – perusahaan pemasang iklan dan situs – situs web. Perusahaan – perusahaan tersebut memasang iklan mereka tanpa menggunakan gambar – gambar atau kata – kata yang cenderung ”menjebak” konsumen. Melainkan, dengan adanya sistem AdWords, perusahaan – perusahaan yang ingin memasang iklan di Google hanya ditampilkan dalam bentuk TEXT.
8. Selalu ada informasi diluar sana.Google harus menjadi sumber informasi yang terdiri dari segala sumber. Goggle mencari dan memberikan informasi kepada pengguna tidak hanya dalam bentuk TEXT, melainkan informasi diberikan dapat dalam beberapa bentuk seperti PDF, Foto, Word, Excell dan lain lain.
9. Kebutuhan informasi untuk semuanya.Lewat kantor pusatnya di California, Google mempunyai misi untuk memberikan informasi keseluruh dunia. Oleh karena itu, salah satunya Google dirancang untuk menjaring semua informasi dari berbagai bahasa dan pemberian informasi melalui Interface Google disajikan lebih dari 100 bahasa.
10. Anda bisa serius tanpa harus menggunakan pakaian rapih (Jas)
Penemu Google tidak menanggapi hal – hal secara serius kecuali masalah yang menyangkut produk Google yaitu ”mesin pencari”. Google membangun lingkungan untuk merangsang timbulnya ide yang menantang dan harus dikerjakan dengan cara menyenangkan. Dengan demikian kantor Google yang diberinama Googleplex memberikan fasilitas kepada karyawannya secara unik, dan hal ini akan dibahas detail di bagian berikutnya.
11. Sangat bagus adalah tidak cukup baik.Google selalu inging memberikan sesuatu yang lebih dari yang diharapkan pengguna. Google tidak menganut faham untuk mendapatkan hasil terbaik di akhir, namun mendapatkan hasil terbaik di awal dan mengharapkan hasil yang lebih lagi di akhir.Selain itu, dalam perusahaan Google, dikenal 3 orang pemimpin yang selalu menanamkan nilai – nilai perusahaan dan memberikan contoh yang baik pada karyawan – karyawan google. Mereka adalah Dr. Eric Schmidt (CEO Google), dan dua orang penemu Google, Larry Page dan Sergey Brin. Keberhasilan Google tidak terlepas dari keterlibatan mereka. Bagi pekerjanya, produk Google merupakan cerminan kegeniusan serta wawasan para pemimpinnya yang melihat jauh kedepan. Sifat pantang mundur, fokus, kepemimpinan dan ambisi raksasa para pendirinya merupakan faktor paling penting dalam sukses jangka panjang Google.
Beberapa hal yang selalu dilakukan mereka sebagai pemimpin tertinggi di Google adalah :
Selalu Menciptakan Inovasi. Mereka manamkan kepada karyawan – karyawannya bahwa jiwa dari mesin Google adalah Inovasi. Lingkungan didalam perusahaan Google senantiasa di betuk sedemikian rupa sehingga para karyawannya dirangsang untuk terus berinovasi. Inovasi yang cepat, selalu menjadi pokok bahasan paling penting pada hampir setiap rapat dengan direksi. Bagi Brin dan Page, membuat inovasi sementara Google tumbuh terus merupakan tantangan yang paling besar, sebab inovasilah alasan perusaan ini berpacu di depan yang lain dan terus meninggalkan mereka. Pada individu pendirinya, mereka sadar bahwa setiap karyawannya mempunyai potensi yang tinggi untuk membuat suatu inovasi yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih cerdas (Fungsi dasar dari Information Technology, O’Brien 1999).
Keterlibatan Pemimpin dan Orientasi kepada Kepuasan Pelanggan. Dalam urusan produk, manajemen puncak turun tangan secara aktif, memacu pengenalan fitur –fitur dan penawaran – penawaran baru dengan irama kerja yang cepat. Para pendiri Google dikenal sebagai pemimpin yang selalu mempunyai waktu untuk memberikan perhatian bagi pengguna/ customer Google.
Budaya Kerja Sama dalam Pencapaian Inovasi. Dalam pencapaian atau mengeksplorasi suatu gagasan, budaya yang tercipta adalah budaya selalu bekerja sama. Hal ini tercermin dalam pemecahan masalah yang biasanya dilakukan dalam kelompok – kelompok kecil yang terdiri atas 3 orang. Mereka percaya bahwa pemecahan suatu masalah dan pencapaian suatu ide, hasilnya akan lebih maksimal apabila dikerjakan secara bersama sama.
Pemimpin Sekaligus Motivator untuk Pekerjanya. Pemimpin di Google senantiasa terus memotivasi sekumpulan matematikawan cemerlang, insinyur, dan pakar teknologi di Googleplex (kantor pusat google) dalam mengatasi masalah – masalah yang semakin besar.
Dapat disimpulkan bahwa Google mempunyai ”Three Musketeers” yang memang benar – benar menjadi contoh kepada pekerja – pekerjanya dan senantiasa memberikan usaha terbaik mereka menciptakan lingkungan kerja sama yang baik guna pencapaian kepuasan pengguna Google.
Menurut anda akan seberapa sukses kah Google dimasa depan?
Menurut kami , Google akan terus berkembang pesat seriap tahunnya . Hal ini bisa dilihat pada tahun 2005 Google mempunyai daftar indeks sekitar 8 milyar dan sekarang ddiperkirakan telah mencapai 25 milyar kemajuan dalam jumlah ini berkembang sangat pesat , sehingga mengundang minat pelanggan untuk menggunakan engine ini sebagai mesin pencarinya . Pengguna Google saat ini telah mencapai angka 380jt pengguna perbulannya , dan tidak menutup kemungkinan itu akan terus berkembang dikarenakan Google mempunyai ”Three Musketeers” yang memang benar – benar menjadi contoh kepada pekerja – pekerjanya dan senantiasa memberikan usaha terbaik mereka menciptakan lingkungan kerja sama yang baik guna pencapaian kepuasan
Selain itu Google , juga selalu mempunyai inovasi-inovasi tertentu dalam setiap bulan atau setiap ada perayaan tertentu , seperti mengubah desain dari tulisan halaman awal Google . Itu membuat menarik pelanggan untuk menggunakan mesin ini sebagai mesin pencari.