Format Business Plan Game Online

Format Business Plan Game Online 
Dalam membangun suatu bisnis, alangkah baiknya bila kita melakukan perencanaan bagaimana bagaimana bisnis ini akan berdiri, bagaimana proses survival yang akan dilalui, dan bagaimana bisnis ini akan dikembangkan nantinya. Apabila kita membangun bisnis tersebut tanpa perancangan yang matang, maka bisnis yang kita bangun ini hanya mampu bertahan dalam waktu yang tidak lama, hal ini dikarenakan dalam proses berjalannya suatu bisnis akan selalu muncul yang namanya perubahan situasi dan kondisi di lingkungan bisnis yang sangat mempengaruhi bisnis yang kita kembangkan. Tapi dengan adanya perencanaan, kita dapat mengetahui masalah apa saja yang akan kita hadapi sehingga kita telah siap menghadapi masalah di masa yang akan datang.

Begitu juga dalam bisnis game online, langkah perencanaan merupakan langkah yang sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis alangkah baiknya anda membuat sebuah perencanaan bisnis atau yang biasa disebut dengan business plan, sebagai awal untuk memulai bisnis game online yang sukses dan menjadi game of the year.

Bagaimana business plan untuk bisnis game online? Dalam business plan yang saya buat mencakup hal-hal yang perlu diketahui dan target penjualan yang saya dapatkan. Beberapa item yang biasa dicantumkan adalah :

ñ Besarnya modal
◦ Modal uang
◦ Modal human resource

▪ Programer
▪ Graphic designer
▪ Marketing
▪ Developer
▪ Tester
▪ distributor
▪ dll

◦ Modal kreativitas
◦ Modal perangkat keras

▪ Server
▪ Jaringan internet
▪ Listrik
▪ dll

ñ Rencana harga jual game online 

◦ Free for all
▪ Semua pelanggan dapat menikmati semua fitur-fitur game tanpa membayar. Tagihan listrik dan internet tetap dibayar lho.

◦ Shop coin base
▪ Pelanggan dapat bermain game dengan gratis, tetapi beberapa item kelas atas hanya bisa didapatkan dengan menukarkan koin game yang mana koin tersebut dibeli dengan uang asli
▪ Cocok untuk developer yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia game online

◦ Premium player
▪ Di model ini, pelanggan masih dapat memainkan game tanpa biaya tapi beberapa fitur game hanya bisa didapatkan dengan membeli suatu konten premium membership. Dengan konten tersebut pelanggan dapat menikmati semua fitur yang ada berserta fitur-fitur bonus untuk premium membership.

◦ P2P atau pay to play
▪ Pada model ini, pelanggan harus mengeluarkan biaya wajib bila ingin memainkan game ini. mulai dari pendaftaran sampai masa aktif akun game.
▪ Game dengan model ini sekarang jarang diminati tetapi bila ada peminatnya jumlahnya akan sangat banyak dan sangat menguntungkan

ñ Rencana penjualan software game
◦ Online
▪ Free download
▪ Beli dari toko game online, ebay, atau amazon
▪ Pre-order

◦ Konvensional
▪ Di distribusikan di toko-toko game
▪ Telepon atau surat
▪ Pre-order
ñ Besarnya biaya pembuatan game
◦ Semakin besar biaya yang dikeluarkan tidak menjamin mutu game yang dibuat. Dengan perencanaan yang baik, biaya dapat ditekan dan mutu game dapat ditingkatkan.
ñ Besarnya biaya pembuatan case cd/dvd/ server download dari pendistribusian software
ñ Besarnya anggaran biaya dan waktu untuk melakukan pengembangan, misal patch dan expansion pack

Selain itu membuat business plan perlu juga menggunakan strategi SWOT agar kita dapat mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dalam bisnis yang akan kita buat. Berikut ini adalah beberapa analisis saya menggunakan SWOT tentang business plan dalam membuat game online

Membuat Bisnis Plan Berfokus Pada Management Strategic
Analisis SWOT
Aspek Pemasaran

1. Strength
Bila kita melihat kecenderungan generasi sekarang yang sangat doyan game, saya yakin dalam aspek ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan game yang kelas menegah saja sudah dapat menarik perhatian pelanggan yang cukup banyak. Meskipun banyak sekali game-game yang ada di pasaran, dengan pemasaran yang benar kita dapat menarik pelanggan yang memuaskan.

Target Pasar merupakan sasaran khusus bagi konsumen potensial dari usaha kita. Target pasar yang saya kejar dalam business plan game online ini adalah konsumen kita sebagian besar dari kalangan remaja yang gemar bermain game yang berbasis online

Positioning adalah bagaimana kita menempatkan usaha kita diantara pesaing usaha yang sejenis. Disini kita harus dapat menmpatkan diri dalam persaingan usaha yang akan kita buat. Dimana persaingan dilakukan dengan cara sehat dan tidak menghancurkan pesaing bisnis dengan cara yang tidak sehat. Tapi pada kenyataannya, bisnis game online sangatlah brutal dalam menyikapi saingan. hukum rimba selalu diberlakukan didalam bisnis ini.

2. Weakness
Selain banyak kelebihan dalam bisnis game online, terdapat juga beberapa kelemahan fatal yang harus kita perkirakan. Beberapa kelemahan yang harus diperhatikan antara lain :

a. Compatibility software dengan OS dan hardware pelanggan
b. Kemampuan server meng-handle proses game
c. Pengembangan game sesuai keinginan pasar/pelanggan
d. Keamanan data di server
e. Penyaluran software secara illegal
f. Keamanan game dari pelanggan yang menggunakan 3rd party software untuk meng-exploit game
g. Kelancaran jalur transfer data
h. dll


3. Opportunities 
Penawaran
Banyak sekali yang dapat ditawarkan pada pelanggan dalam menarik perhatian mereka, seperti fitur-fitur game yang unik, hadiah untuk player of the month/year, event-event yang diadakan baik di dalam game maupun di dunia nyata. 

Permintaan
Menurut pengamatan saya yang pernah menjadi konsumen, permintaan akan kebutuhan game tidak akan sepi peminat karena perubahan gaya hidup sekarang yang cenderung ke dunia hiburan, maka peminat game tidak akan berkurang, hanya bagaimana cara kita menyikapi keinginan pelanggan sehingga kita dapat mendapatkan keuntungan dari mereka.

Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Rencana Penjualan adalah rencana produk yang akan dijual dalam waktu 6 bulan disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran. Dalam business plan kali ini saya merencakan penjualan dalam jangka panjang karena untuk membesarkan suatu game membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi selalu mengikuti permintaan pelanggan
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson