Mengapa Kita Melakukan Monitoring dan Evaluasi?

Mengapa Kita Melakukan Monitoring dan Evaluasi?
1. Monitoring dan Evaluasi
Monitoring dan Evaluasi sering dipersepsikan sebagai hal yang sama padahal makna dan fokusnya berbeda. Memang kedua konsep tersebut (monitoring dan evaluasi) memiliki keterkaitan erat. Monitoring dilaksanakan ketika kegiatan atau program sedang dilaksanakan, sedangkan Evaluasi dilakukan pada akhir tahapan suatu program.

Monitoring adalah kegiatan pemantauan terhadap pelaksanaan program untuk memastikan bahwa pelaksanaan program sesuai dengan rencana (waktu, sasaran, anggaran, dan aspek program yang lain). Fokus monitoring adalah: (1) rencana atau program; dan (2) pelaksanaan dari rencana atau program tersebut. Melalui monitoring diperoleh informasi mengenai sesuai atau tidaknya pelaksanaan kegiatan dengan rencana. Kesesuaian yang dimaksud bukan hanya berkaitan dengan komponen rencana, melainkan juga pelaksanaannya telah dilakukan dengan “benar“.

Evaluasi adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi sebagai bukti tingkat keberhasilan dari suatu program. Fokus evaluasi adalah “hasil/pencapaian dan tujuan/target“ dari pelaksanaan kegiatan yang direncanakan. Oleh sebab itu, dalam rangka melaksanakan evaluasi perlu dihimpun data mengenai hasil pelaksanaan program. Penting pula dihimpun informasi mengenai berbagai faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan dimaksud. Sasaran evaluasi kegiatan sekolah atau TPK adalah hasil yang dicapai dari pelaksanaan program Sekolah atau TPK. Setiap program Sekolah dan TPK harus memiliki tujuan/target yang jelas dengan indikator–indikator yang harus jelas pula, sehingga memudahkan untuk dilakukan Evaluasi. 

2. Alasan/Tujuan Monitoring dan Evaluasi
Setidaknya ada dua alasan kuat yang menjadi tujuan monitoring dan evaluasi yaitu: (a) Monitoring diperlukan agar dapat diketahui apakah pelaksanaan kegiatan sesuai atau tidak sesuai dengan rencana sehingga dapat dilakukan tindakan perbaikan atau preventif jika diperlukan; (b) Evaluasi diperlukan agar dapat diketahui taraf pencapaian tujuan dari kegiatan, sehingga dapat diambil suatu keputusan atau kebijakan lebih lanjut mengenai program tersebut. 

3. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi:
a. Pelaksanaan Monitoring:
1) Melakukan pemantauan/pemeriksaan di lapangan terhadap pelaksanaan kegiatan yang sedang dilaksanakan.
2) Merekam masalah-masalah/hambatan yang timbul selama pelaksanaan kegiatan.
3) Melakukan perbaikan atau pemecahan masalah yang terjadi di lapangan agar pelaksanaan kegiatan dapat berlangsung sesuai dengan rencana.
4) Menghimpun data atau informasi yang diperlukan untuk melakukan evaluasi. 

b. Pelaksanaan Evaluasi:
1) Mengecek seberapa besar tingkat pencapaian target atau tujuan (bandingkan: rencana dengan realisasi).
2) Mengecek tingkat kemajuan yang dicapai (misalnya: apakah terjadi perubahan).
3) Pengambilan keputusan: apakah program berhasil atau tidak berhasil, untuk menentukan kebijakan lebih lanjut. 

4. Tipe Monitoring
Terdapat tiga tipe monitoring yakni: (a) Monitoring pendahuluan (forward monitoring) dilaksanakan sebelum kegiatan berlangsung; (b) Monitoring bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan (concurrent monitoring) dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan (pada waktu kegiatan sedang berlangsung), dan (c) Monitoring umpan-balik (feedback monitoring) dilakukan setelah kegiatan berlangsung sebagai bahan masukan untuk kegiatan ke depan. 

5. Siapakah yang melakukan monitoring dan evaluasi?
Pada dasarnya penanggung jawab program berkewajiban melakukan monitoring dan evaluasi. Monitoring dan evaluasi juga dapat dilakukan oleh pihak lain seperti Pengurus TPK, Pengawas atau Fasilitator yang telah dilatih karena mereka juga mempunyai tanggung jawab terhadap keberhasilan program yang telah direncanakan oleh sekolah dan TPK. 

6. Format Monitoring dan Evaluasi
Format monitoring dan evaluasi akan mendukung pelaksanaan kegiatan secara sistematis. 
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson