Pentingnya Mengetahui Tanda-tanda Akhir Zaman

Pentingnya Mengetahui Tanda-tanda Akhir Zaman 
Prinsip pentingnya mengetahui tanda-tanda akhir zaman menjadi bagian yang mendorong peningkatan keimanan bagi Said Nursi, karena manusia sekarang sudah memasuki fase penghabisan dari panjangannya zaman yang sudah lama berlalu. Adapun tanda-tanda akhir zaman ini banyak sekali, namun pada prinsipnya terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai tanda-tanda hari kiamat yang patut diketahui oleh manusia, yaitu :

1) Munculnya Dajjal dan Sufyan
Salah satu akan tibanya hari kiamat munculnya Dajjal (Anti­Kristus) dan Sufyan. Dajjal atau Anti-Kristus akan muncul dalam dunia non-muslim dan Sufyan yang akan muncul dalam dunia Muslim. Keduanya adalah Dajjal dan Sufyan terbesar yang akan muncul di dunia setelah Nabi Muhammad. Sumber-sumber Islam menyebutkan dari Nabi Muhammad bahwa lebih dari 30 Dajjal akan muncul sesudah dia, dan yang lebih penting untuk diperhatikan menurut Nabi Muhammad adalah Dajjal yang muncul tidak lama sebelum hari kiamat adalah yang paling berhahaya dan merusak.

Maksudnya adalah cerita-cerita sejenis ini perlu ditekankan, walaupun pada dasarnya tidak banyak menyebutkan orang-orang mereka (atau siapa sebenarnya Dajjal), tapi bagi kalangan filosuf, pemikir dan kaum mistik atau sufitik yang mampu menangkap pertanda ini. Karena interpretasinya berwujud ideologi, masyarakat dan sistem yang akan mereka bangun dalam semua aspek kehidupan.

Beberapa isyarat yang ditulis oleh Said Nursi mengenai Dajjal dan Sufyan sebagai berikut : 
Pertama, mengenai Sufyan, menurut Said Nursi bahwa tangan-tangan Sufyan akan mencengkram yang berarti Sufyan akan menjadi banyak dan membangkitkan pemborosan dan kekejian. Nabi Muhammad bersabda Seorang yang mengerikan akan muncul menjelang kiamat dan ketika dia bangun di pagi hari, dia dapati bahwa di keningnya tertulis kafir. Yang berarti Sufyan akan menjadi seorang pembelot dan imitasi dari orang kafir dia akan memaksa manusia untuk berpakaian seperti dunia non-Muslim. Sedangkan yang paling nyata adalah kejadian di Turki ketika Mustafa Kemal Attaruk yang Muslim menjadi imitasi Inggris yang kafir untuk menciptakan surga di dunia. 

Kedua, mengenai Dajjal, Nabi bersabda para diktator yang akan muncul sebelum menjelang hari kiamat termasuk khususnya Dajjal dan Sufyan akan mendapatkan surga dan neraka semu. Yang berarti semasa mereka manusia akan dicekoki dengan kesenangan­kesenangan dan kenikmatan duniawi dan perbedaan-perbedaan di antara kelas-kelas sosial akan meningkat dengan konsekuensi akan terjadi pemberontakan-pemberontakan terhadap pemerintah. Oleh karena itu tempat-tempat kesenangan dan kenikmatan serta penjara dan tempat-tempat siksaan yang serupa akan berdiri berdampingan.

Ketiga, Nabi bersabda Menjelang kiamat tidak akan ada seorang pun yang menyembah Allah dan menyebut Nama-Nya sebagai manifestasi ibadah. Ini berarti bahwa tempat-tempat di mana Allah disembah dan Namanya disebut akan ditutup dan jumlah orang-orang yang taat beribadah akan menurut secara drastis. Sesat menjelang kehancuran dunia Allah akan mencabut nyawa orang-orang beriman dan dunia akan dibinasakan di atas kepala orang kafir.

Keempat, Nabi bersabda orang-orang mengerikan tertentu yang akan muncul sebelum kiamat seperti Dajjal mengklaim bahwa dirinya Tuhan dan membuat orang-orang sujud di hadapan mereka. Orang-orang ini akan mendapat kekuatan mereka sebagian besar dari trend ateistik dan materialistik dan menganggap diri mereka sendiri memiliki kekuatan Tuhan. Patung-patung mereka akan dibuat manusia akan dipaksa untuk menunduk di depan mereka sebagai cara pemujaan.

Kelima, Nabi bersabda kekejaman dan peperangan yang akan muncul sebelum kiamat akan sangat menyebar luas dan berkuasa sehingga tidak ada seorang pun dapat mengendalikan tiubuh mereka untuk melawan mereka. Bahwa kehidupan keji akan menggoda banyak orang yang akan menurutinya begitu saja, karena memang saat ini modernisasi yang materilistik-konsumeris telah tidak terkendali. Ini dikarenakan oleh dimensi-dimensi kekejian dan kesenangan mengerikan yang akan muncul sebelum hari kiamat atas permintaan Nabi hampir semua Muslim telah berlindung kepada Allah selama 14 abad dari kekejian yang akan ditimbulkan oleh Dajal.

Keenam, Nabi bersabda Sufyan akan menjadi seseorang yang berpengetahuan luas dan memukau banyak ilmuwan. Ini berarti mekipun tanpa alat kekuasan dan ketergantungan semacam kerajaan, suku, kekayaan dan keberanian, Sufyan akan mencapai kekuasaan karena memiliki kapasitas yang merangsang dan kecerdasan politik. Dia mengekang pendidikan agama. Sebagian besar karena kenikmatan hidup, banyak ilmuwan dan pendidik agama mendukung dia dan rezimnya.

Untuk kejelasan ilmiahnya bahwa adalah metode ilmiah yang dirumuskan ilmuwan muslim yang meminjam teori Aristoteles yang masih memposisikan Tuhan sebagai Pencipta Pertama, dalam konteks ini pengkajian terhadap ciptaan Tuhan berarti pengakajian terhadap karya kreatif Tuhan sehingga dengan itu diharapkan seorang ilmuwan muslim akan bertambah keyakinan dan ketakwaan kepada Allah. Sedangkan teori yang di Barat telah menimbulkan begitu banyak reaksi dari kalangan umat Kristen, seperti teori evolusi sebenarnya juga telah dikembangkan dengan baik oleh para pemikir terkenal seperti Al-Jahizh, Miskawaih dan khususnya Jalaluddin Ar-Rumi berdampingan dengan teori-teori kreasionis, sekali lagi sejauh tidak secara langsung bertabrakan dengan prinsip-prinsip fundamental keyakinan agama.

Namun sangat disayangkan teori-teori mereka secara terus terang melanggar dan menentang prinsip-prinsip ajaran pokok agama, seperti terhadap penolakan terhadap eksistensi Tuhan, malaikat, hari akhir, kenabian dan sebagainya. Sebenarnya Islam sebagai agama tidak bisa menoleransinya karena hal itu telah dipandang sebagai penyimpangan prinsip etos keilmuan Islam yang sejati. Pada prinsipnya Islam membolehkan pengkajian pada bidang-bidang yang sangat luas mulai dari fisika, matematika bahkan metafisika. Seharusnya hasil sains modern dapat diterima sebagai sarana yang baik untuk lebih mengenal kebesaran Tuhan. Dunia Barat tidak demikian. Newton dan fisikawan modern misalnya gravitasi dianggap sebagai gaya-gaya yang independen bersama dengan gaya elektromagnektik, gelombang nuklir lemah dan kuat, namun oleh pemikir muslim seperti Ibnu Sina dan Al Farabi gaya alami itu memiliki sumbernya pada entitas-entitas supernal, seperti akal aktif yang merupakan utusan Tuhan untuk mengurusi dunia bawah-bulan, termasuk memberikan bentuk pada benda-benda di bawah bulan atau jiwa benda-benda angkasa lainnya yang memancar dari Tuhan lewat emanasi. Darwin misalnya menyatakan evolusi bersifat independen atau otonom seperti seleksi alam yang dipandang sebagai hukum independen dan bertanggungjawab pada evolusi organik termasuk penciptaan spesies-spesies, sebagaimana Perire Laplace yang menyatakan peran Tuhan sebagai pengatur dan pemelihara alam telah digantikan hukum mekanik. Dan masih banyak lagi contoh mengenai mungkin Dajal-dajal yang muncul berupa ilmuwan yang menyesatkan. Sedangkan Sufyan-sufyan dalam dunia Islam muncul dengan usaha-usaha mensektilerisasikan baik pemikiran maupun pola hidup, titik tolaknya ketika terjadi keruntuhan Turki Usmana pada tahun 1920-an diikuti oleh sekulerisasi oleh Mustafa Kemal Attaruk, dunia Islam bertikai dalam keluarga besarnya.

Ketujuh, Nabi Bersabda hari pertama Dajjal adalah sama dengan satu tahun sedangkan hari keduanya sema dengan satu bulan hari ketiganya sama dengan satu minggu dan hari keempatnya adalah satu hari. Hadis yang menakjubkan ini berarti bahwa Dajjal akan muncul di utara dan bergerak menuju selatan. Sebagaimana diketahui di tempat-tempat di dekat kutub Utara satu tahun terdiri dari satu siang dan malam, masing­-masing berlangsung selama 6 bulan. Semakin ke selatan terdapat terdapat tempat-tempat di mana satu hari berlangsung 3 bulan dan satu bulan dan satu minggu secara berturut-turut. Pengertian lain adalah Dajjal maupun Sufyan akan memiliki 4 periode peraturan, periode pertama, mereka akan menyebabkan kerusakan besar dalam jangka waktu satu tahun yang normalnya dapat dilakukan dalam jangka waktu 300 tahun. Kerusakan yang akan mereka timbulkan dalam jangka waktu pada satu tahun periode kedua mereka akan sama dengan kerusakan yang dilakukan oleh yang lainnya selama 30 tahun dan pada satu tahun periode ketiga mereka akan membuat 7 tahun kerusakan. Periode keempat mereka akan normal.

Kedelapan, Nabi bersabda Ketika Dajjal muncul setiap orang akan mendengarnya. Mereka akan memiliki sebuah kendaraan atau tunggangan yang luar biasa dan mengelilingi dunia dalam 40 hari. Ini berarti bahwa Dajjal akan muncul ketika komunikasi dan transformasi berkembang pesat peristiwa yang terjadi di satu belahan dunia akan terdengar di belahan bumi lain dan berkeliling ke seluruh penjuru dunia dalam waktu 40 hari adalah hal yang mungkin.

2) Munculnya Messiah atau Mahdi
Mengenai mahdi atau messiah, baik Yahudi maupun Kristen mengharapkan Messiah datang menjelang hari kiamat dan menganggap kedatangannya sebagai tanda akhir kernenangan besar untuk Yahudi dan Kristen. Menurut sumber-sumber Islam yang terpercaya dia adalah Imam kedua belas dan terakhir dari sederetan Imam yang di mulai Ali bin Abi Talib, sepupu Nabi dan khalifah keempat. Mandi lenyap ketika dia berusia 74 tahun dan akan muncul ketika dunia penuh dengan ketidakadilan untuk menyelamatkan keadilan. Bersama dengan Messiah, Mahdi akan mempertahankan prinsip-prinsip Islam dari trend materialistik dan menggugah kehidupan keagamaan. Dia akan mengahiri kekuasaan Dajjal dan Sufyan.

Menurut para pemikir dan ilmuwan kontemporer termasuk Said Nursi, Mandi bukanlah satu orang saja, melainkan sebuah nama "kebangkitan global". Mandi memiliki tiga periode masing-masing akan dipresentasikan oleh satu orang dan kelompoknya. Pemimpinya akan memiliki pengetahuan yang mendalam di bidang ilmu-ilmu agama, memiliki standar moral tertinggi, mengetahui kondisi sosial, politik dan ekonomi pada masanya dan memiliki kualitas kepemimpinan yang memadai. Bersama-sama pengikutnya pemimpin periode pertama akan mempertahankan prinsip-prinsip Islam dari trend materialistik dan menunjukkan mereka dalam jalan yang benar. Pada periode kedua prinsip­prinsip Islam yang sudah dibangkitkan akan mencapai pengaruh penting di beberapa belahan dunia dan kehidupan Islam akan mengalami sebuah kebangkitan yang signifikan. Periode mengalami akan rnenghalal kebangkitan kehidupan keagamaan secara global.

Periode ketiga yang berkemungkinan akan mengikuti invansi Gog dan Magog yang akan menggangu periode kedua. Agama Kristen menurut sumber Islam yang relevan akan terbebas peminjaman agama-agama dan filsafat tertentu dan lebih mendekat pada Islam. Mereka akan berkerjasama untuk menangkis serangan Gog dan Magog dan membebaskan dunia dari invasi mereka. I1mu pengetahuan akan mengalami perkembangan puncak. Kota­-kota akan dibangun di atas langit dan akan mudah melakukan perjalanan ke sana. Mungkin sebagai dampak kemajuan genetika satu buah delima akan cukup sebanyak 20 orang dan kulit buahnya akan dapat menaungi mereka. Misi orang Messiah yang ditujukan untuk Yesus Kristus, menurut Nabi Muhammad, Messiah yang dijanjikan adalah Yesus Kristus. Dia akan kembali dan kemudian mengikuti dan sepenuhnya mendukung Mahdi.

c) Mengenai Terbentuknya Padang Mahsar
Allah berfirman Katakanlah sesungguhnya ilmu tentang hari kiamat itu hanya pada sisi Allah (67 : 26). Bahwa pergerakan bumi bukanlah tidak bertujuan. Pergerakan bumi menarik sebuah lingkaran raksasa di luar keliling bumi dan bumi terus menerus memindahkan semua peristiwa yang terjadi di atasnya ke kelingkaran luar tersebut. Pada hari pengadilan, hari kehidupan setiap orang akan ditampilkan kembali.

Menurut ramalan lingkaran raksasa ini akan dipusatkan di daerah Damaskus, tetapi dalam bentuk yang luas dan disesuaikan dengan dimensi-dimensi Hari Akhir. Hasil dari semua penstiwa-peristiwa di bumi terus menerus ditransfer ke dalam daftar atau. tablet-tablet Padang Mahsyar. Saat ini, Padang tersebut masih berada di balik "kerudung" Yang Maha Tidak Terlihat. Bagaimana pun juga kita akan melihatnya pada saat kita telah menjalani bentuk-bentuk spesifik hari akhir.

Penjelasan mengenai tanda-tanda akan tibanya hari kiamat di atas memberikan keyakinan yang kokoh terhadap paham keagamaan dengan keimanan yang sudah ada sebagai dasar beragama. Seiring dengan itu, hari kiamat menjadi bagian yang terintegrasi dalam diri Said Nursi dan salah satu cara upaya pembentukan akhlak mulia.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson